Menko PMK Kunker ke Lampung, Arinal Pastikan Stok Tabung Oksigen Aman

  • Whatsapp

Medialampung.co.id – Gubernur Lampung Ir H Arinal Djunaidi Mendampingi Kunjungan Kerja (Kunker) Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Kemenko PMK) Prof. Dr. Muhadjir Effendy, M.A.P.

Kunker tersebut dalam rangka mengecek pelaksanaan penanganan Covid-19 di Lampung.

Bacaan Lainnya

“Hari saya kunker dalam rangka mengecek pelaksanaan penangan Covid-19 dan saat ini saya mengecek sektor hilirnya yaitu rumah sakit dengan segala kebutuhannya khususnya di Lampung saat ini kelangkaan oksigen,” ungkap Muhadjir saat mengunjungi Rumah Sakit Umum Daerah Abdul Moeloek (RSUDAM) Lampung, Kamis (8/7).

Lanjutnya, saat ini terjadi kelangkaan oksigen di semua daerah. Tidak hanya di pulau Jawa namun di Lampung kebutuhan oksigen sangat meningkat drastis.

“Bahkan tadi di pusat pengisian sudah naik tiga kali lipat. Biasanya di bulan Juni 150 ton dalam sebulan tapi pada bulan Juni sudah 170 ton dan sekarang ini baru satu Minggu sudah menghabiskan 50 ton berarti diperkirakan sampai akhir Juli bisa menghabiskan 1000 ton dan itu saya sudah sampaikan kepada Gubernur untuk mencari jalan keluar,” jelasnya.

Ia meminta agar jangan sampai kebutuhan oksigen baik di rumah sakit maupun yang beredar di masyarakat terutama yang tengah menjalani isolasi mandiri tidak terpenuhi.

“Karena ini sebagai kebutuhan vital terutama bagi mereka yang melakukan isolasi di rumah. Kebutuhan di Lampung sudah semakin menipis makananya tadi sudah berkoordinasi dengan pak gubernur ada inisiatif mudah-mudahan menjadi jalan keluar,” terangnya.

Sementara Gubernur Lampung Ir. H. Arinal Djunaidi menambahkan bahwasanya untuk ketersediaan tabung oksigen dalam waktu dekat akan terealisasi.

“Insyaallah dalam waktu dekat dan saya sudah lapor saat ini tengah dalam diskusi. Yang jelas solusinya Insyaallah sesuai kebutuhan. karena saya minta Kepala Dinas Kesehatan untuk menginventariskan semua kebutuhan oksigen di rumah sakit rujukan maupun yang tidak untuk segera menginventariskan sesuai kebutuhannya dan dari situlah kita kebutuhan kita,” kata Arinal.

Saat ditanyakan mengenai asal oksigen tersebut Gubernur menjawab dari suatu tempat yang pasti akan mendapatkannya.

“Dari suatu tempat yang insyaallah kita akan dapat,” pungkasnya (ded/mlo)


Pos terkait