Menuju Desa Wisata, Pekon Sidodadi Bangun Gedung Budaya

  • Whatsapp

Medialampung.co.id – Sebagai upaya mewujudkan cita-cita menuju desa atau pekon wisata, dengan memanfaatkan beragam potensi yang ada.

Pekon Sidodadi, Kecamatan Pagadewa, Kabupaten Lampung Barat (Lambar) mengawalinya dengan membangun Gedung Wisata. 

Bacaan Lainnya



Berdiri diatas kolam ikan, bangunan gedung konsep Joglo tersebut memiliki luas 12×12 meter persegi, dengan lantai atas bermaterial kayu ukiran, dan saat ini masih dalam tahap pengerjaan rangka beton dan kayu. 

Peratin Juhairi Iswanto, menyebutkan bangunan gedung wisata itu sedianya mampu direalisasikan dengan memanfaatkan Anggaran Dana Desa (ADD) 2020. 

Dan dalam prosesnya tahapan pembangunan untuk pengerjaannya ditarget selesai tahun ini atau 2021 sudah dapat difungsikan sebagaimana mestinya. 

Dijelaskannya, beragam terobosan dan inovasi dilakukan pekon dalam upaya membangkitkan kehidupan masyarakat menuju masyarakat sejahtera.

Seperti diantaranya melalui pemanfaatan potensi wisata dan pengembangan warisan budaya sebagaimana yang mulai digaungkan di pekon tersebut.  

“Pekon Sidodadi mencoba mengawali upaya memajukan pekon dari sektor wisata. Hal ini kami yakini menjadi solusi yang tepat, lantaran dukungan potensi Sumber Daya Alam (SDA) dan budaya khas yang masih terjaga dengan baik, serta tak kalah pentingnya semangat warga,” terangnya.  

Oleh sebab itu Juhairi berharap dengan adanya gedung budaya tersebut, maka nantinya, Pekon Sidodadi menjadi Desa Wisata yang mengedepankan kebudayaan. 

Sehingga dengan sendirinya akan menjadi salah satu tujuan wisatawan baik lokal maupun luar untuk melihat potensi-potensi yang dimiliki, yang akan memberikan pengaruh ekonomi dan peningkatan Sumber Daya Manusia (SDM).  

“Pemerintah memberikan kita modal dan jalan untuk bangkitkan pekon, salah satunya melalui Dana Desa (DD). Tentu menjadi kesempatan pekon untuk memanfaatkannya dengan membangkitkan apa yang menjadi potensi tersebut, demi kemajuan Pekon Sidodadi menuju Pekon Hebat dan Sejahtera,” tandasnya. (rin/mlo)



Pos terkait