Menuju Pekon Hebat, Trimulyo Gelar EPP 7 Kategori Penilaian 

  • Whatsapp

Medialampung.co.id – Kegiatan penilaian Evaluasi Perkembangan Pemangku (EPP) yang baru kali pertamanya dihelat tingkat pekon (Desa) di Bumi Sekala Bekhak, oleh Pekon Trimulyo, Kecamatan Gedungsurian, Kabupaten Lampung Barat di hari pertama berlangsung meriah dan sukses Rabu (23/6).

Seperti diketahui, memasuki tahun keempat kepemimpinan Peratin Buchori, S.P., dengan visi Trimulyo bangkit yang diimplementasikan dengan konsep Pembangunan dan Pemberdayaan masyarakat berbasis pemangku. 

Bacaan Lainnya

EPP yang dilaksanakan selama dua hari itu, merupakan kegiatan tahap pertama, yang merupakan program berkelanjutan pemerintah Pekon Trimulyo dalam membentuk kebiasaan masyarakat agar selalu merasa memiliki dan membangun wilayah masing-masing.

Pada penilaian EPP itu Pekon Trimulyo menghadirkan tim penilai Kasi Pemerintahan Kecamatan Gedungsurian Setyadi Efendi, Koordinator Tenaga Ahli P3MD Kabupaten Lampung Barat  Anton Hilman, S.Is., dan Tenaga ahli P3MD  Murdoko.

EPP tersebut sendiri terdapat Tujuh (Pitu)  kategori yang dinilai. Pertama bidang administrasi umum. Kedua bidang Kamtibmas, gotong royong dan keterlibatan perempuan. Ketiga bidang Pemberdayaan masyarakat. Keempat bidang pemanfaatan barang bekas dan konservasi lingkungan. Kelima bidang pelestarian lingkungan hidup. Keenam bidang keterbukaan informasi publik. Dan ketujuh bidang pemanfaatan lahan pekarangan.

Dalam sambutannya Anton Hilman menyampaikan kepada para pemangku bahwa program EPP ini bertujuan untuk melihat perkembangan per-pemangku menunjang program kegiatan pekon. “Kita melihat perkembangan per-pemangku sudah menjalankan program-program pemerintah atau belum, dari penilaian tahap pertama ini dapat dilihat kondisi nya secara nyata bahwa para pemangku ini benar-benar menjalankan program-program pemerintah,” ujarnya.

Sementara Peratin Trimulyo Buchori, S.P., berharap para pemangku dapat menunjang program kegiatan secara maksimal, karena pekon yang hebat harus didukung oleh pemangku yang hebat.

Lusi Dewi P. Salah satu pemangku yang sudah dinilai mendukung program EPP ini karena dengan penilaian pada tahap Satu tersebut  dapat dilihat apa saja kekurangan administrasi di tingkat pemangku juga kekurangan tersebut akan dilengkapi di penilaian tahap kedua nanti.

Penilaian tahap kedua evaluasi perkembangan pemangku akan dilaksanakan di bulan Oktober 2021, pada tahap pertama ini seluruh hasil nilai evaluasi perkembangan pemangku untuk tahap pertama langsung dipublikasikan pada saat penilaian telah selesai.

Sekedar diketahui dalam EPP tersebut semua pemangku terlihat kelebihan dan potensinya termasuk prioritas kedepannya. Disatu sisi ini menilai sejauh mana pemangku melaksanakan perintah dan kebijakan peratin dan sebanyak apa kreativitas. Inovasi-inovasi dari pemangku secara swadaya. 

Maka Kegiatan EPP tersebut menjadi salah satu program unggulan yang akan menjadi evaluasi dan referensi kelanjutan program-program pekon lainnya. 

Dari pantauan di lapangan respon pemangku terhadap kegiatan itu sangat luar biasa terlihat dengan persiapan yang dilakukan. Seperti kualitas pemangku dalam kelengkapan administrasi walau dengan tulis tangan modal buku yang sederhana tetapi secara isi dapat menjelaskan secara administrasi kegiatan-kegiatan yang ada di pemangku. 

Tentunya harapan bersama sebagaimana dikemukakan oleh Anton Hilman, EPP tersebut dapat diadopsi oleh pekon lain yang menjadi budaya  atau kegiatan rutin pekon di Lambar. 

Termasuk keterlibatan para pihak dari kecamatan dan tim pendamping desa juga memberikan nilai plus akan akuntabilitas dan transparansi Pekon Trimulyo.(r1n/mlo)




Pos terkait