Menuju Sekolah Adiwiyata, SDN 1 Sukapura Lakukan Pembenahan

  • Whatsapp

Medialampung.co.id – Sekolah Dasar (SD) Negeri 1 Sukapura, Kecamatan Sumberjaya, Kabupaten Lampung Barat terus berbenah menuju sekolah Adiwiyata 2021.

Seperti saat ini pihak sekolah terus melakukan berbagai persiapan khususnya penataan lingkungan yang mencerminkan Adiwiyata. Sebagaimana program dibidang pendidikan oleh Bupati Parosil Mabsus menyambut masa penilaian yang tinggal beberapa hari lagi. 

“Dalam menyambut penilaian adiwiyata ini, berbagai hal telah dilakukan seperti, penataan lingkungan sekolah, dan menanamkan kesadaran dalam membuang sampah, peduli lingkungan atau sadar lingkungan. Kemudian penghijauan dilingkungan sekolah sebagai ajakan agar siswa siswi menyenangi tanaman, dan banyak upaya lainnya dalam membangun karakter siswa dalam mencintai lingkungan,” terang Kepala SDN setempat Umi Winarsih, M.Pdi., 

Karena itu Umi mengajak ‘Mari Bergerak Untuk Peduli dan Berbudaya Lingkungan Hidup Disekolah Kita’. Dan satu hal positif yang dilakukan yakni akan memanfaatkan ban bekas mobil maupun motor untuk dijadikan pot bunga yang saat ini sudah mulai dilakukan. 

Pihaknya menyadari bahwasannya SD itu belum pantas diberikan penilaian adiwiyata, namun jika hanya menunggu kapan akan siap tentu akan berjalan ditempat, melainkan di masa pandemi Covid-19 sekolah itu akan berupaya memperoleh status adiwiyata. 

Sebagaimana visi, misi dan tujuan yang diusung. Dengan Visi Berakhlak Mulia, Unggul, Cerdas, Kompeten, Berkarakter serta Peduli Lingkungan. Kemudian Misinya, Pertama melaksanakan pendidikan agama dan berbudi pekerti secara terprogram, intensif dan terpadu. Kedua menumbuhkan semangat keunggulan kepada seluruh warga sekolah.

Ketiga menciptakan proses belajar yang efektif sehingga menghasilkan mutu lulusan yang berdaya saing tinggi. Keempat mengembangkan kepribadian siswa yang berkarakter bangsa. Dan Kelima menerapkan manajemen partisipasi warga sekolah dan masyarakat menuju lingkungan ‘SAKARA BERSINAR’ yakni Satu Sukapura Bersih Elok, Ramah, Sehat Indah, Nyaman Aman dan Rindang. 

Dengan Tujuan, meningkatkan prestasi siswa dibidang ilmu pengetahuan dan teknologi seni budaya serta menghasilkan lulusan yang berkualitas yang beriman dan bertaqwa, bersikap sopan santun, berakhlak mulia serta terjalin kerjasama antara sekolah dan masyarakat demi terwujudnya lingkungan Sakara Bersinar. (r1n/mlo)

Pos terkait