Meski Cuaca Kurang Mendukung, Nelayan Pantai Gudang Agen Tetap Dapat Ikan

  • Whatsapp

Medialampung.co.id – Pantai Gudang Agen alternatif nelayan Sukaraja menangkap ikan layur, pantai yang berjarak 3 km dari Sukaraja berada di kelurahan Pesawahan, Kecamatan Teluk Betung Selatan, Bandarlampung tidak menyurutkan nelayan menangkap ikan.

Ada dua tempat bagi nelayan untuk mencari ikan laut dengan cara payang padang, selain di Sukaraja ada juga pantai Gudang Agen walaupun terlihat ada bekas urugan.

Bacaan Lainnya

Namun pantainya jauh lebih bersih dibandingkan pantai Teluk Lampung, Sukaraja yang kotor karena tempat sampah berkumpul dan masih banyak batu karang.

Seperti nelayan yang saat ini sedang menjaring dengan cara payang padang yaitu menarik jaring bersama-sama dengan jumlah 11 orang nelayan, hasil dari tangkapan sudah ditunggu oleh pengepul yang sudah menunggu dengan cara diborong.

“Walaupun cuaca belum mendukung tangkapan ikan di pantai gudang agen lumayan baik, hari ini saja sudah dapat 1 ton, itu baru sekali narik dengan jaring payang padang,” ucap Parto nelayan asli Sukaraja kepada Media Lampung, Kamis (26/8)

Parto menambahkan menangkap Ikan dengan menjaring di pantai Gudang Agen ini cukup lumayan.

“walaupun cuaca tidak mendukung ada aja yang masuk ke jaring ikan. Kadang cumi-cumi, layur, juga ikan besar juga masuk,” kata dia

“Saat ini memang cuacanya kurang bagus, tapi tidak menyurutkan kita menjaring ikan disini, untuk kendala sih tidak ada, paling hanya kapal tongkang saja yang lewat tapi tidak terlalu mengganggu, tapi sampahnya lumayan banyak,” jelasnya.

Pantai Gudang Agen memang sangat menarik jika dikelola dengan baik, apalagi Pemkot Bandarlampung berencana mempercantik pesisir pantai yang berada di Bandarlampung.

Sebelumnya Walikota Bandarlampung Eva Dwiana sudah mempunyai rencana untuk merapikan wilayah pesisir pantai, agar menjadi destinasi wisata air.

Pemerintah Kota Bandarlampung akan menata kawasan permukiman penduduk di kawasan pesisir menjadi destinasi wisata bahari.

Pada saat acara dialog bersama civitas akademisi Universitas Lampung (Unila) bertajuk Arah Kebijakan Pembangunan Kota Bandarlampung di Era Bunda Eva, pada Kamis (1/4) mengatakan pemerintah kota akan mempercantik daerah pesisir.

“Kita akan membangun daerah pesisir untuk lebih cantik lagi, bukan kita merubah bentuk tapi kita tata lebih rapi,” kata Eva Dwiana.

Kawasan pesisir Bandarlampung yang akan ditata adalah Kelurahan Umbul Asem, Gunung Kunyit, dan Pasar Gudang, Termasuk semua pantai yang masuk kawasan pesisir.

Pengembangan kawasan pesisir menjadi prioritas pembangunan dalam Tahap Pembangunan IV (2021-2025) untuk menunjang kegiatan perdagangan, wisata bahari, dan industri perikanan.

Luas area pesisir Bandarlampung sebesar 0,05 persen apabila dioptimalkan berpotensi sebagai tempat wisata maupun Kota Pesisir yang dikenal dengan “Bandarlampung Kota Marina”. (jim/mlo)


Pos terkait