Meski di Pedalaman, Masyarakat Tetap Waspadai Covid-19

  • Whatsapp

Medialampung.co.id – Mengingat Coronavirus Disease 2019 (Covid-19) dapat menginfeksi siapapun, maka sudah tentu menjadi kewajiban bersama dalam melakukan upaya penanggulangan.

Itulah yang kini diterapkan oleh masyarakat bersama aparatur pekon dan relawan Covid-19 di Pekon Sidodadi, dan Pekon Manggarai Kecamatan Airhitam, Kabupaten Lampung Barat (Lambar).

Bacaan Lainnya


Meskipun dua pekon yang hanya memiliki satu pintu masuk tersebut jauh dari kebisingan atau berada di pedalaman Kecamatan Airhitam, namun bukan menjadi alasan untuk menurunkan kewaspadaan masyarakat terhadap bahaya Covid-19.

Dua pekon itu juga membangun posko pengecekan baik kendaraan maupun orang di pintu masuknya pekon. Bahkan bukan hanya warga yang datang dari luar, penduduk setempat yang biasa melintas pun saat kembali harus diperiksa dan disemprot desinfektan.

Peratin Sidodadi Prayitno yang akrab disapa Bang Malik menyebutkan, upaya yang dilakukan bersama Pekon Manggarai tersebut merupakan tindak lanjut dari arahan Bupati Parosil Mabsus yang memerintahkan semua lini bergerak dalam upaya mencegah penyebaran Covid-19.

“Tentunya dalam hal ini perlunya kesadaran bersama, namun bukan untuk panik tapi lebih melakukan penjagaan agar masyarakat terhindar virus ini,” terang Malik.

Sementara upaya serupa juga dilakukan di Sembilan pekon lainnya di kecamatan tersebut. Bahkan di Pekon Sumberalam dan Pekon Semarangjaya, Sinarjaya, Gunungterang yang lokasi pekonnya berada dijalan provinsi.

“Kami menghentikan semua kendaraan untuk diberikan pemeriksaan dan penyemprotan kendaraan maupun penumpangnya. Dan ini diberlakukan 1×24 Jam,” ungkap Ketua Asosisasi Perangkat Desa (Apdesi) Kecamatan Airhitam M. Husain.

Kegiatan pencegahan itu dilakukan selain atas dasar mandat Bupati Parsoil Mabsus kepada semua pekon, juga karena di kecamatan itu memang banyak penduduk yang baru kembali dari luar Lambar seperti pelajar maupun yang bekerja. (rin/mlo)




Pos terkait