Meski Dikabarkan Selamat, Dua Nelayan Hilang Belum Berhasil Dievakuasi

Medialampung.co.id – Meski dikabarkan selamat dan sebelumnya berhasil dievakuasi oleh kapal besar yang sempat melintas di perairan Pesisir Barat. Dua nelayan yang diduga hilang di tengah laut saat mencari ikan yakni Jasbudaya dan Sahrudin itu belum berhasil dievakuasi ke pinggir pantai.

Peratin Pekon Kampung Jawa, Arief Mufti, mengatakan, berdasarkan informasi kedua nelayan itu sebelumnya memang sudah berhasil diselamatkan oleh pihak kapal dengan tujuan Jakarta. Ketika itu juga keduanya ditawarkan untuk ikut ke Jakarta karena kondisi perahu yang digunakan nelayan itu tidak bisa berfungsi, terlebih kondisi gelombang laut yang tidak mendukung.

Bacaan Lainnya


“Karena keduanya tidak bersedia untuk ikut berlabuh ke Jakarta, sehingga pihak kapal memutuskan untuk tidak membawa keduanya,” katanya.

Meski begitu, lanjutnya, sebelum meninggalkan kedua nelayan untuk kembali menaiki perahunya itu, pihak kapal telah memberikan beberapa bekal makanan untuk kebutuhan keduanya.

Karena kedua nelayan itu tidak bersedia untuk berlabuh di Jakarta dan atas kemauannya sendiri keduanya kembali menaiki perahunya.

Nelayan di wilayah setempat pun sejak sore sudah mencoba melakukan penjemputan ke lokasi, namun hingga malam ini nelayan yang menjemput ke lokasi itu justru kembali menepi ke pantai Labuhan Jukung.

“Nelayan yang menjemput tidak bisa sampai ke lokasi karena selain titik lokasi dimana kedua nelayan itu ditemukan cukup jauh, kondisi gelombang laut pun tidak mendukung,” jelasnya.

Ditambahkannya, sejak kapal besar itu meninggalkan kedua nelayan tersebut sampai dengan saat ini, pihaknya juga sudah hilang kontak kembali. Sehingga, kedua nelayan itu kini masih terombang-ambing kembali di tengah laut.

Pihaknya juga sudah berkoordinasi dengan pihak-pihak terkait untuk bersama-sama melakukan pencarian. Mengingat posisi lokasi kedua nelayan itu sebelumnya berada di wilayah perairan Merpas, Bengkulu atau sekitar empat Mil dari daratan.

“Informasinya pihak Basarnas Bengkulu juga akan melakukan pencarian di wilayah perairan tersebut, dan nelayan maupun pihak terkait di wilayah ini juga akan kembali melakukan pencarian besok,” pungkasnya.(yan/mlo)


Pos terkait