Meski Puasa, Vaksinasi Covid-19 Tetap Berjalan

  • Whatsapp

Medialampung.co.id – Pelaksanaan vaksinasi Covid-19 di wilayah Puskesmas Biha Kecamatan Pesisir Selatan, Kabupaten Pesisir Barat (Pesbar) meski saat bulan puasa Ramadhan 1442 hingga kini masih terus dilaksanakan, sesuai jadwal yang telah ditentukan Dinas Kesehatan (Dinkes) Pesbar dan Puskesmas setempat.

Kepala Puskesmas Biha, Septono, S.Km, M.M., mengatakan pelaksanaan vaksinasi Covid-19 lanjutan yang dilakukan oleh Puskesmas Biha itu sesuai dengan anjuran, termasuk yang dilaksanakan selama bulan suci Ramadhan 1442 tahun 2021. Karena itu tidak membatalkan puasa dan dampak terhadap kesehatan tubuh lainnya selama puasa.

Bacaan Lainnya


“Karena itu, bagi para pihak yang hendak dilakukan vaksinasi Covid-19 di Puskesmas Biha ini agar tidak perlu khawatir, karena tidak membatalkan puasa,” katanya, Jumat (16/4).

Dijelaskannya, untuk pelaksanaan vaksinasi Covid-19 di bulan puasa telah dimulai sejak Kamis (15/4) dengan jumlah yang divaksinasi sebanyak 173 orang yang merupakan pelayanan publik di Kecamatan Pesisir Selatan baik untuk dosis pertama maupun dosis kedua. 

Sedangkan, untuk pelaksanaan vaksinasi hari ini juga masih dengan sasaran pelayanan publik di Kecamatan Pesisir Selatan dengan jumlah sebanyak 123 orang.

“Pelayanan publik yang divaksinasi Covid-19 hari ini juga untuk dosis pertama dan dosis kedua. Vaksinasi Covid-19 tersebut tentu akan terus dilakukan secara bertahap,” jelasnya.

Masih kata dia, dalam pelaksanaan vaksinasi Covid-19 di Puskesmas Biha hingga kini tidak terkendala. Baik dalam pelaksanaannya maupun dampak terhadap pasien yang telah dilakukan vaksinasi tersebut. Pihaknya tentu berharap kepada semua lapisan masyarakat maupun semua pihak terkait lainnya untuk terus mendukung dan mensukseskan vaksinasi Covid-19 yang memang dianjurkan oleh Pemerintah tersebut dalam rangka pencegahan penyebaran wabah Covid-19.

“Dengan begitu, kita berharap wabah Covid-19 di Kabupaten Pesbar pada umumnya dan di Kecamatan Pesisir Selatan ini kondisinya bisa lebih membaik bahkan, tidak ada lagi kasus penyebaran Covid-19 di Pesbar ini,” pungkasnya.(yan/d1n/mlo)




Pos terkait