MIN 3 Lambar Salurkan 100 Lebih Paket Zakat Fitrah

  • Whatsapp

Medialampung.co.id – Madrasah Iftidayah Negeri (MIN) 3 Kabupaten Lampung Barat melaksanakan program kegiatan ‘ramadhan berbagi’ dengan menyantuni puluhan anak yatim-piatu, fakir miskin dan masyarakat di lingkungan Pekon Hujung, Kecamatan Belalau, Senin (10/5).

Kepala MIN 3 Lambar Ikhwan Parlen, M.Pd.I, mengatakan, bahwa program pengumpulan dan penyaluran zakat fitrah ini merupakan program rutin yang digelar setiap tahunnya.

Bacaan Lainnya

“Para mustahik atau penerima zakat fitrah ini, kita mendapat rekomendasi dari seluruh warga madrasah untuk menentukan nama-nama penerima zakat. Peserta didik kita juga masuk menjadi prioritas begitupun dengan warga sekitar madrasah,” ujar Parlen.

Dijelaskan, dalam program penyaluran zakat tahun ini jumlah zakat terkumpul berupa beras sebanyak 525 Kilogram (KG) dan uang tunai sebesar Rp700 Ribu.

“Jumlah penerima atau mustahik yang terdiri dari anak yatim, fakir miskin dan masyarakat kurang mampu di seputaran pekon Hujung total ada sebanyak 116 mustahik,” kata dia.

Secara rinci ia menjelaskan bahwa bantuan itu berupa beras sebanyak 4.5 kg dan dan sebagian uang sebesar Rp20 Ribu. Dengan telah tersalurnya zakat fitrah ini pihaknya berharap dapat bermanfaat bagi mustahik serta dapat meningkatkan jiwa sosial terhadap sesama umat muslim.

“Zakat fitrah sudah menjadi kewajiban umat muslim, dan kegiatan ini merupakan proses pembelajaran untuk anak didik sehingga mereka memahami akan pentingnya zakat fitrah semoga gebyar ramadhan pada tahun ini kita mendapatkan maghfirah dan ganjaran pahala,” tutupnya.(edi/mlo)


Pos terkait