Minat Masyarakat untuk Berkurban di Masa Pandemi Meningkat

  • Whatsapp

Medialampung.co.id – Pandemi Corona justru malah meningkatkan minat masyarakat untuk berkurban.

Hal ini setidaknya tergambar dari peningkatan jumlah hewan kurban yang disembelih dari sejumlah organisasi keagamaan di Pringsewu saat Idul Adha kemarin.

Bacaan Lainnya

Di DPD Lembaga Dakwah Islam Indonesia (LDII) Pringsewu menurut Ketuanya H. Dian Arif Rahman, S.Pd. terjadi peningkatan 5-10 %.

“Insya Allah tahun ini ada peningkatan sekitar 5-10%. Yang terdata di kami hewan kurban yang disembelih 67 sapi dan 28 kambing dibagikan ke 5.385 paket,” jelasnya.

Sementara itu untuk pengurus cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) kabupaten Pringsewu menurut ketuanya Taufikqurrahim melalui ketua LazisNU Kabul Muliarto,pada Idul Adha kali ini pihaknya menyembelih 174 Sapi, 3 Kerbau, 299 kambing. “Data ini berdasar laporan yang masuk,” bebernya. 

Begitu juga dengan data yang dimiliki majelis tabligh pengurus daerah Muhammadiyah (PDM) Pringsewu seperti di katakan ketuanya Munir Effendi mewakili ketua PDM Drs. H. Atoriyadi untuk Sapi sebanyak 115 ekor. Sedangkan Kerbau 1 ekor dan 50 ekor kambing. “Kita terapkan protokol kesehatan ketat, dimana dagingnya langsung diantar,” urainya.

Untuk diketahui, Dinas Pertanian melalui Bidang Kesehatan Hewan pada penyembelihan hewan kurban tahun ini juga menerjunkan timnya guna melakukan pemantauan.

“Tahun ini kita tugaskan melalui SPT sejumlah 35 petugas yang dibagi di 9 wilayah kecamatan,” terang Kabid Peternakan dan Kesehatan Hewan drh. Budi Pramono mewakili Kadis Pertanian Kabupaten Pringsewu Siti Litawati, SP. 

Lanjutnya pembagian tugas untuk tahun ini pertimbangannya dengan wilayah kerja serta domisili petugas. “Hal ini untuk menjaga mobilitas di masa pandemi,” bebernya.(sag/mlo)


Pos terkait