Minat Pedagang Memotong Ternak di RPH Meningkat

  • Whatsapp

Medialampung.co.id, BALIKBUKIT – Menjelang hari raya Idul Fitri, minat pedagang daging melakukan pemotongan ternak di Rumah Potong Hewan (RPH) di Lingkungan Simpangserdang Kecamatan Balikbukit Kabupaten Lambar meningkat.

Plt Kepala Dinas Perkebunan dan Peternakan (Disbunnak) Ir. Agustanto Basmar, M.Si mengatakan, pada Selasa (4/6/2019) jumlah ternak yang dipotong sebanyak 7 ekor yang terdiri dari 6 ekor sapi dan 1 ekor kerbau. Sebelumnya pada Sabtu (1/6/2019) tercatat 3 ekor sapi yang dipotong di RPH.

Bacaan Lainnya



“Kami berharap pedagang daging sapi untuk memanfaatkan RPH dalam memotong hewan ternaknya. Hal ini berguna karena sebelum dipotong hewan ternak akan diobservasi kesehatannya oleh petugas, sehingga dipastikan hewan yang dipotong betul-betul dalam keadaan sehat,” ujar Agustanto.

Di luar bulan ramadhan, lanjut dia, pedagang daging sapi jarang memanfaatkan RPH dengan alasan kendala pada kendaraan angkut.

“Kami terus berupaya untuk memastikan masyarakat mengkonsumsi daging yang ASUH (aman, sehat, utuh dan halal) sebagaimana diatur dalam Undang-Undang Republik Indonesia Nomor41 tahun 2014 tentang perubahan atas Undang-Undang nomor18 tahun 2009 tentang peternakan dan kesehatan hewan,” pungkasnya. (lus/mlo)



Pos terkait