Minggu Ini, DPMP Lambar Targetkan DD Tahap I Cair

  • Whatsapp
Kepala DPMP Lambar Ir. Noviardi Kuswan

Medialampung.co.id – Dinas Pemberdayaan Masyarakat  dan Pekon (DPMP) Kabupaten Lambar menargetkan minggu ini dana desa (DD) tahap I akan cair. 

“Sejauh ini sudah ada 13 pekon yang telah menyampaikan berkas untuk pencairan DD tahap I dan berkasnya telah kita sampaikan ke KPPN. Kita harapkan minggu ini dana desa tersebut akan cair,” kata Kepala DPMP Lambar Ir. Noviardi Kuswan, Minggu (21/3).

Bacaan Lainnya

Kata dia, sebenarnya pada Februari lalu DD tahap I di Kabupaten Lambar  sudah bisa dicairkan namun karena adanya Peraturan Menteri Keuangan (PMK) No.17/2021 tentang transfer ke daerah dan dana desa (TKDD) maka pekon harus menyesuaikan kembali dengan aturan tersebut. 

“Didalam PMK tersebut menjelaskan bahwa 8 % anggaran dialokasikan untuk penanganan Covid-19 maka kita bersama pekon harus menyesuaikan kembali dengan aturan tersebut,” kata dia.

Noviardi menjelaskan, ke-13 pekon yang telah mengajukan berkas tersebut rinciannya dua pekon di Kecamatan Batuketulis yakni Pekon Batukebayan dan Pekon Kubu Liku Jaya. Kemudian tujuh pekon di Kecamatan Bandarnegeri Suoh meliputi Pekon Srimulyo, Pekon Tanjungsari, Pekon Ringinjaya, Pekon Suoh, Pekon Bandaragung, Pekon Bumi Hantatai, dan Pekon Negeri Jaya. Serta empat pekon di Kecamatan Sukau meliputi Pekon Bumijaya, Pekon Teba Pering  Raya, Pekon Pagardewa dan Pekon Bandarbaru.

Ia mengaku telah turun kelapangan dalam rangka percepatan pencairan DD tahap I serta menyampaikan terkait PMK yang baru terbit tersebut sehingga  pekon diminta untuk menyesuaikan kembali. 

“Kita menghimbau kepada pekon yang belum mengajukan berkas untuk pencairan DD tahap I agar segera mengajukan karena semakin cepat mengajukan maka semakin cepat pula dananya cair,” tutup dia. (lus/mlo)




Pos terkait