MKKS SMA Pesbar Dukung Program Smart School

  • Whatsapp
Ketua MKKS SMA Pesbar, Putrawan Jaya Ningrat

Medialampung.co.idMusyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS) SMA Kabupaten Pesisir Barat (Pesbar), mendukung program smart school Lampung Berjaya yang menjadi program Gubernur Lampung yang diluncurkan Senin (16/12).

Ketua MKKS SMA Pesbar, Putrawan Jaya Ningrat, S.Pd, M.Si., mengatakan smart school merupakan konsep sekolah berbasis teknologi yang digunakan dalam proses belajar-mengajar di kelas dan di luar kelas. Sistem terintegrasi yang membantu komunitas pendidikan dalam menjalankan fungsinya dengan tujuan mengembangkan potensi peserta didik.

“Dengan adanya program smart school itu akan membantu proses belajar siswa di sekolah terutama di tingkat SMA sederajat,” katanya.

Karena itu, kata dia, seluruh SMA di Kabupaten Pesbar sangat mendukung program smart school itu, karena dengan adanya teknologi dalam pembelajaran melalui aplikasi smart school itu bertujuan untuk memecahkan masalah belajar atau memfasilitasi pembelajaran. Selain itu juga untuk meningkatkan kinerja.

“Penggunaan teknologi berbasis internet dalam bidang pendidikan itu  akan membantu interaksi antara komunitas sekolah, siswa dan guru semakin lebih mudah,” jelasnya.

Dijelaskannya, dalam peluncuran smart school yang bekerjasama dengan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) di Provinsi Lampung itu merupakan yang ketiga se-Indonesia. Karena itu, dirinya berharap program tersebut mampu berkembang di Kabupaten Pesbar. Program smart school itu akan menjadi aplikasi yang masuk langsung ke smartphone siswa, guru dan sekolah.

“Dalam aplikasi itu akan ada item modul pembelajaran dan sebagainya. Sehingga selain siswa, juga akan memudahkan guru dalam melaksanakan kegiatan belajar,” jelasnya.

Pihaknya berharap kedepan pembelajaran berbasis teknologi melalui smart sachool itu akan berkembang dan lebih maju. Sehingga berdampak pada mutu pendidikan yang akan terus meningkat serta lebih baik.

“Pada 2020 mendatang kita akan membeli sarana pembelajaraan dalam bentuk tablet untuk siswa melalui bantuan operasional sekolah (afirmasi dan kinerja) dalam rangka mendukung program smart school itu,” pungkasnya. (yan/d1n/mlo)




Pos terkait