MKKS SMK Gelar Tiga Event Bersamaan

  • Whatsapp

Medialampung.co.id – Ceremony pembukaan Lomba Kompetensi Siswa (LKS), Festival Lomba Seni Siswa Nasional (FLS2N) dan Olimpiade Olahraga Siswa Nasional (O2SN) tingkat SMK Kabupaten Lampung Barat akan digelar bersamaan pada Jumat (13/12). Event tahunan yang dipusatkan di SMKN 1 Liwa tersebut agendanya berlangsung hingga Sabtu (14/12).

Ceremony pembukaan tiga event tersebut akan dihadiri dan dibuka langsung oleh Kepala Cabang Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Lampung Wilayah III yakni Zaikadir, S.Sos.,M.H., mewakili Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Lampung Drs. Sulpakar, M.M., Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Lampung Barat Hi. Bulki Basri, S.Pd.,M.M., Jajaran Uspika Kecamatan Balik Bukit, Kepala SMK se-Kabupaten Lampung Barat, Kepala SMP, SMA sederajat se-Kecamatan Balik Bukit, tokoh adat dan tokoh masyarakat serta jajaran tamu undangan lainnya.

Bacaan Lainnya



Kepala SMKN 1 Liwa M. Yusuf Mu’is, S.Pd.,M.M., menuturkan bahwa kegiatan tersebut merupakan event tahunan MKKS SMK sebagai wadah menjaring bibit unggul dalam kompetensinya masing-masing yang telah diajarkan di sekolah.

“Kegiatan ini akan dihelat selama dua hari, sebagai tuan rumah pada tahun ini diharapkan semua rangkaian kegiatan dapat berjalan dengan baik dan memperoleh hasil yang diharapkan. Selain itu dalam pelaksaan ajang perlombaan ini semoga semua peserta merasa senang, nyaman dan dilayani dengan baik tanpa ada rasa kecurangan dalam proses perlombaan,” kata Yusuf

Terusnya, melalui kegiatan ini selain sebagai wadah silaturahmi antar sekolah juga sebagai ajang penjaringan siswa berkompetensi yng akan mewakili Kabupaten Lampung Barat dalam ajang yang sama untuk tingkat Provinsi yang agendanya akan digelar pada April mendatang. Terpilihnya siswa tersebut berdasarkan perolehan juara satu dalam tiap cabang lomba tingkat Kabupaten.

“Jika tahun-tahun sebelumnya Kabupaten Lampung Barat dapat turut serta ke tingkat Nasional mewakili Lampung dalam cabang lomba Tehnik Komputer dan Jaringan (TKJ), tehnik gambar dan pemasaran semoga ditahun yang akan datang bibit-bibit unggul dari cabang lainnya bertambah. Selain menjaring siswa berbakat, diharapkan masyarakat dapat melihat kemampuan siswa-siswi sekolah kejuruan yang memiliki kemampuan dan keterampilan sesuai dengan bidangnya masing-masing. Kemampuan tersebut menjadi satu bekal untuk siswa untuk bersaing di dunia kerja,” terangnya

Cabang lomba yang akan diperlombakan yakni 16 cabang meliputi 8 cabang LKS antar lain Tehnik Komputer dan Jaringan (TKJ), Akuntansi Keuangan dan Lembaga (AKL), Bisnis Daring dan Pemasaran (BDP), Tehnik Instalasi Tenaga Listrik (TITL), Cad Building, Agri Bisnis Tanaman Pangan dan Holtikultura (ATPH), Tehnik Kendaraan Ringan (TKR) dan Tehnik Sepeda Motor (TSM). Kemudian 4 cabang lomba FLS2N antara lain teather, solo song, gitar klasik dan tari tradisi. Selanjutnya 4 cabang lomba O2SN antara lain atletik, badminton, pencak silat dan futsal. Event tersebut diikuti oleh sepuluh sekolah meliputi SMKN 1 Liwa, SMKN 1 Waytenong, SMKN 1 Kebun Tebu, SMKN 1 Batu Ketulis, SMKN 1 Pagar Dewa, SMKN 1 Suoh, SMKS Bakti Mulya Suoh, SMKS Bakti Wiyata Pampangan, SMKS Paksipak Liwa dn SMKS Favorit Darul Qur’an Suoh.

“Event ini merupakan kompetisi tahunan antar siswa pada jenjang SMK sesuai bidang keahlian yang diajarkan. Selain perlombaan kompetensi siswa sebagai wadah evaluasi keterampilan siswa juga digelar festival seni dan olimpiade olahraga. Hal tersebut salah satu upaya sekolah untuk memberikan motifasi kepada siswa selain memiliki kompetensi dibidangnya masing-masing siswa juga memiliki wadah ntuk menuangkan bakat dan minatnya dalam bidang seni dan olahraga. Peserta diperkirakan berjumlah 445 siswa dan 160 guru pendamping,” papar Yusuf

“Juri pada ajang tersebut merupakan juri yang relevan dan berkompeten sesuai dengan bidangnya masing-masing yakni MKKS SMK bekerja sama dengan Dunia Usaha dan Dunia Industri, KONI Lambar serta sanggar seni yang ada di Lambar,” jelasnya

Sementara itu Ketua MKKS SMK Kabupaten Lampung Barat Drs. Tukimin, M.Pd., menghimbau agar event tahunan tersebut dapat berjalan dan menuai hasil lebih baik dari tahun sebelumnya. “Junjung selalu sportivitas, melalui ajang ini akan terjaring siswa-siswa berbakat dan berprestasi dibidangnya masing-masing sehingga bibit-bibit unggul tersebut yang akan mewakili Kabupaten Lampung Barat ke tingkat Provinsi pada ajang yang sama di April mendatang. Bahkan diharapkan kita bisa mewakili Lampung ketingkat Nasional.” Katanya.(jen/mlo)



Pos terkait