Mobile JKN BPJS Beri Solusi Masyarakat

  • Whatsapp

Medialampung.co.id – Perkembangan teknologi informasi dan telekomunikasi yang terus mengalami perkembangan sangat pesat membuat beberapa industri mulai mengarah kepada penggunaan layanan digital.

Tak terkecuali Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan, yang telah memperkenalkan aplikasi layanan mobile online yang diberi nama Mobile JKN. 

Bacaan Lainnya

Dengan adanya aplikasi ini diharapkan masyarakat tidak perlu lagi berlama-lama untuk mengantri panjang di Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) dan Fasilitas Kesehatan Rujukan Tingkat Lanjutan (FKRTL), namun cukup mendaftar melalui Mobile JKN dari rumah.

Dengan seiringnya waktu, Mobile JKN telah banyak berinovasi dengan berbagai macam fitur-fitur canggih diantaranya menu Konsultasi Dokter.

Dengan menu ini, peserta dapat berkomunikasi dengan dokter di FKTP tertentu tanpa harus bertatap muka secara langsung sehingga dapat meminimalisir penularan Covid-19 dan peserta cukup beraktifitas dari rumah.

Seperti yang dirasakan oleh Neli (25) warga Bandar Dalam, Kecamatan Negeri Agung, Kabupaten Waykanan, peserta JKN-KIS yang sangat merasakan sekali manfaat dari hadirnya aplikasi layanan Mobile JKN untuk dirinya, dirinya mengatakan, bahwa dirinya tidak perlu khawatir lagi harus mengantri di klinik atau Rumah Sakit di Kabupaten Waykanan, jika setiap ingin berobat (cek up).

“Kalau dulu sebelum menggunakan mobile JKN, saya merasakan khawatir membayangkan antrian yang akan saya alami setiap ingin berobat. Namun, kini setelah mendaftar menggunakan Mobile JKN, saya dapat mengestimasi waktu kapan saya akan datang ke klinik atau ke Rumah sakit,” kata Neli pengguna aplikasi Mobile JKN,.

Tidak hanya itu, ia pun merasakan kemudahan untuk dapat berkomunikasi dengan dokter di FKTP tempat peserta terdaftar melalui menu konsultasi pada Mobile JKN Peserta, terutama bagi peserta yang jarang memanfaatkan Program JKN-KIS serta memberikan kesempatan peserta untuk memberikan penilaian dan umpan balik kepada dokter setelah melakukan kontak online.

Hal senada disampaikan oleh Edi (33) warga Bumi Dana, Kecamatan Way Tuba, Kabupaten Waykanan, sangat merasakan manfaat menggunakan Mobile JKN. Ia mengatakan, bahwa di era digital seperti saat ini, sudah sepatutnya BPJS Kesehatan mengikuti perkembangan zaman. Dimana, kemudahan-kemudahan yang dapat diakses dalam satu genggaman smartphone sangat dibutuhkan.

“Hadirnya teknologi, salah satunya mempermudahkan kita dalam melakukan suatu hal. Begitu pun dengan hadirnya aplikasi Mobile JKN, dimana dapat mempermudahkan kita (peserta JKN-KIS) dalam mendapatkan pelayanan kesehatan,” kata Edi yang ditemui di RSUD ZAPA, usai mengantar anaknya berobat.

Untuk itu, ia berharap bagi para peserta JKN-KIS yang belum menggunakan aplikasi Mobile JKN, untuk segera mendownload. Sebab, sangat bermanfaat untuk peserta.

Diketahui beberapa manfaat Mobile JKN bagi peserta antara lain seperti memudahkan dalam mendaftar peserta, memudahkan jika ada data kita yang berubah, mendapatkan antrian online di fasilitas kesehatan, memudahkan mengecek tagihan serta pembayaran, memudahkan pengajuan keluhan saat ada hal yang mengecewakan, memudahkan kita dalam mencari daftar dokter untuk berkonsultasi.(wk1/mlo)




Pos terkait