Mobile Laboratorium RT-PCR Tanggamus Telah Beroperasi, Mampu Periksa 12 Sample/Hari 

  • Whatsapp
Bupati Tanggamus Hj Dewi Handajani mendengarkan penjelasan dari penanggungjawab Laboratorium Mobile RT PCR dr. M.Nur, Sp.PK, usai melaunching Laboratorium Mobile RT-PCR, Kamis (22/4). - Foto Rnn/mlo

Medialampung.co.id – Kabupaten Tanggamus telah miliki Mobile Laboratorium Real Time Polymerase Chain Reaction (RT-PCR).

Saat ini  peralatan tersebut telah beroperasi melakukan pemeriksaan PCR terhadap masyarakat yang terdeteksi Rapid test antigennya reaktif Covid-19 .

Bacaan Lainnya


Kepala Bidang (Kabid) Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinas Kesehatan Kabupaten Tanggamus, Bambang Sutejo ketika dikonfirmasi Medialampung.co.id pada Selasa (18/5) mengatakan, mobile RT-PCR atau mobil Combat tersebut perharinya dapat melakukan pemeriksaan sekitar 12 sample PCR dan  sementara ini, masih beroperasi setiap hari kerja, ungkap Bambang Sutejo mewakili Kepala Dinas Kesehatan Taufik Hidayat. 

Dimana lanjutnya, Dinas Kesehatan saat ini tengah memaksimalkan kinerjanya dan hal tersebut masih dalam pembahasan. 

Seperti jadwal beroperasinya mobile RT-PCR, apakah akan beroperasi setiap hari seperti saat ini, atau saat ada kasus saja , apakah empat hari dalam seminggu Senin hingga Kamis. 

“Hal ini masih dalam pembahasan. Karena  peralatannya juga perlu maintenance,”  tuturnya. 

Namun untuk sementara ini mobile RT-PCR masih beroperasi setiap hari kerja dan bertempat di Dinas Kesehatan . Setiap ada sample langsung dilakukan pemeriksaan. 

“Tapi jika ada pemeriksaan yang masif di satu kecamatan maka bisa saja mobil pindah ke kecamatan tersebut,” pungkasnya. (ehl/mlo)




Pos terkait