Momen Hari Raya Idul Adha, 1.325 Ekor Sapi, Kambing dan Domba Dikurbankan

  • Whatsapp
Alma Arif (Kabid Peternakan)

Medialampung.co.id –  Dinas Perkebunan dan Peternakan (Disbunnak) Kabupaten Lambar hingga hari terakhir pemeriksaan hewan kurban, Senin (3/8/2020)  mencatat sebanyak 1.325 ekor hewan kurban disembelih pada hari raya Idul Adha dan H+3 lebaran.

“Berdasarkan laporan yang kami terima dari petugas  bahwa jumlah hewan kurban yang dipotong pada hari raya Idul Adha hingga H+3 lebaran  sebanyak 1.325 ekor , rinciannya sapi sebanyak 240 ekor, kambing 1.075 ekor dan domba 10 ekor,” ungkap Kabid Peternakan Alma Arif,  mendampingi Kepala Disbunnak Agustanto Basmar, Senin (3/8/2020).

Bacaan Lainnya



Menurut dia, pihaknya telah menurunkan tim untuk melakukan pemantauan sekaligus pemeriksaan kesehatan hewan kurban di sejumlah titik menjelang, hari H dan setelah hari raya Idul Adha. “Kita sudah membentuk tim  untuk melakukan pemeriksaan hewan kurban, dan kegiatan pemeriksaan dimulai sejak tanggal 28 Juli hingga 3 Agustus,” ujar dia seraya menambahkan, untuk hewan kurban yang ditemukan terjangkit cacing hati ada tujuh ekor sapi, yaitu lima ekor di Kecamatan Balikbukit dan dua ekor di Kecamatan Waytenong. 

Dijelaskannya, pemeriksaan hewan kurban tersebut merupakan kegiatan rutin yang dilaksanakan pihaknya setiap tahun dan  pemeriksaan tersebut meliputi Ante Mortem dan Post Mortem.  “Pemeriksaan hewan kurban tersebut untuk memastikan semua hewan kurban dalam keadaan sehat. Jika ditemukan hewan yang dalam kondisi kesehatan tidak baik, maka disarankan untuk tidak dikurbankan. Begitu juga kalau kita temukan ada penyakit cacing hati, maka hatinya harus dibuang dan tidak dibagikan kepada masyarakat,” tandasnya. (lus/mlo)



Pos terkait