Momen Musrenbang, Kecamatan Terbaik Bakal Dapat Reward

  • Whatsapp
Sekretaris Bappeda Eric Enrico, S.T

Medialampung.co.id – Sebanyak 15 kecamatan di Kabupaten Lambar mulai saat ini harus bersiap-siap untuk menjadi yang terbaik. Pasalnya, pada momen kegiatan musyawarah rencana pembangunan (musrenbang) tingkat kecamatan tahun 2020, tim penilai akan melakukan penilaian di setiap kecamatan.

“Bagi kecamatan yang pelaksanaan musrenbangnya terbaik I, II dan III akan mendapatkan reward dari pemerintah daerah. Tujuan penilaian untuk memberikan motivasi kepada kecamatan agar mekanisme perencanaan mulai dari musrenbang tingkat pekon hingga kecamatan dilaksanakan dengan baik, jadi jangan hanya sekadar formalitas, serta menunjukkan apakah yang dibangun kepala daerah dimanfaatkan oleh kecamatan,” ungkap Sekretaris Bappeda Eric Enrico, S.T mendampingi Kepala Bappeda Ir. Okmal, M.Si.

Bacaan Lainnya



Menurut dia, adapun kriteria penilaian yaitu antusisme peserta, prosesi acara, sajian makanan misalnya apakah mendukung program bupati untuk kabupaten konservasi dan jajaran tradisonal. Kemudian manfaat kegiatan yang telah diusulkan dan dilaksanakan oleh kecamatan bagi warga serta dari segi inovasi.

“Tim yang melakukan penilaian rencananya dari unsur Persatuan Wartawan Indonesia (PWI), Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) serta kalangan dari profesional,” katanya seraya menambahkan, untuk hasil penilaian akan diumumkan pada saat pelaksanaan musrenbang tingkat kabupaten pada Maret mendatang.

Masih kata Eric, kegiatan musyawarah tingkat kecamatan di Kabupaten Lambar tahun ini akan mulai dilaksanakan pada Senin (10/2) di Kecamatan Kebuntebu dan Kecamatan Belalau, Selasa (11/2) Kecamatan Sumberjaya, Rabu (12/2)  Kecamatan Airhitam dan Kecamatan Sekincau, Kamis (13/2) Kecamatan Pagardewa dan Kecamatan Lumbokseminung, Senin (17/2) Kecamatan Waytenong dan Kecamatan Gedungsurian. Lalu, Selasa (18/2) Kecamatan Batuketulis, Rabu (19/2) Kecamatan Batubrak dan Kecamatan Suoh, Kamis (20/2) di Kecamatan Bandarnegeri Suoh, Senin (24/2) Kecamatan Sukau, serta terakhir kegiatan musrenbang akan dilaksanakan di Kecamatan Balikbukit pada Selasa (25/2) mendatang.

Musrenbang kecamatan dilaksanakan dengan prinsip pada partisifatif, demokratis dan transparansi dalam suasana yang kondusif serta melibatkan anggota DPRD sesuai dengan daerah pemilihan (dapil), utusan pekon, tokoh masyarakat tingkat kecamatan, organisasi masyarakat tingkat kecamatan serta organisasi perangkat daerah (OPD) kabupaten.

“Untuk musrenbang tingkat kabupaten akan kita laksanakan pada minggu ketiga Maret dan untuk musrenbang tingkat provinsi direncanakan akan dilaksanakan pada April mendatang,” tandasnya. (lus/mlo)



Pos terkait