Monev APBP di Pekon Sukajaya Berjalan Dengan Baik 

  • Whatsapp

Medialampung.co.id – Tim Monitoring dan Evaluasi (Monev) Kantor Kecamatan Sumberjaya, Kabupaten Lampung Barat (Lambar) melaksanakan monev Anggaran Pendapatan Belanja Pekon (APBP) Tahap Dua, Pekon Sukajaya, Senin (15/11).

Dalam monev itu tim kecamatan juga bersama Tenaga Ahli P3MD Lambar Anton Hilman, S.Si., Pendamping Desa dan Pendamping Lokal Desa Kecamatan Sumberjaya.

Bacaan Lainnya

Disampaikan Camat Drs. Dahlin, M.Pd., monev tersebut merupakan kegiatan rutin untuk memastikan realisasi anggaran, dimana setelah monev oleh tim kecamatan akan dilanjutkan oleh tim kabupaten. 

Dimana jika dalam pemantauan ada ditemukan ketidaksesuaian baik fisik maupun non fisik, maka tugas tim memberikan bimbingan untuk perbaikan.   

Dan di Pekon Sukajaya serta Tiga pekon lain seperti Sukapura, Waypetai dan Sindangpagar  yang telah dilakukan monev dengan hasil baik sesuai apa yang ada dalam APBP. 

Sementara disampaikan Anton Hilman, dalam monev itu tim pendamping mengingatkan program-program prioritas dana desa yang ada di Pekon Sukajaya. 

Seperti dari penjelasan dan dokumen pekon, Bantuan Langsung Tunai Dana Desa (BLT-DD) yang sudah disalurkan hingga Desember. Artinya sudah satu tahun full.

Sementara untuk kegiatan penanganan Covid-19 terus berjalan dan pagu tetap di angka Delapan Persen (8%) dan jika tidak direalisasikan akan menjadi silpa yang bisa digunakan untuk tanggap covid di 2022.

Dan terkait dengan kegiatan fisik, dari pantauan di lapangan akan selesai sebelum akhir desember sebelum dengan aturan. 

“Secara umum untuk realisasi DD tahap kedua Sukajaya berjalan dengan baik. Dan pihak pekon juga siap untuk melakukan pengajuan tahap 3,” kata Anton. 

Sedangkan Peratin Wiwin Wardoyo menyebutkan dalam pemanfaatan DD tahap kedua, kegiatan fisik pembangunan rabat beton dua titik. (r1n/mlo)

Pos terkait