Monitoring PTM Terus Dilakukan, Maidar: Sekolah Terapkan Prokes dengan Baik

  • Whatsapp
Sekretaris Satgas Penanganan Covid-19 Lambar Maidar, SH, M.Si.

Medialampung.co.id – Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Coronavirus Disease 2019 (Covid-19) Kabupaten Lampung Barat secara marathon melakukan monitoring pelaksanaan Pendidikan Tatap Muka (PTM) di semua tingkatan sekolah yang ada di kabupaten setempat. Hasil monitoring yang dilakukan protap telah dilaksanakan dengan baik oleh sekolah yang telah memberlakukan PTM. 

Sekretaris Satgas Penanganan Covid-19 Lambar Maidar, SH, M. Si., mengungkapkan, sebelumnya pihaknya telah membentuk tim yang disebar di sejumlah sekolah yang menjadi sample monitoring berkaitan dengan PTM. 

Bacaan Lainnya

“Kami lihat hasil monitoring ke sekolah-sekolah, pada prakteknya semua telah menerapkan Prokes dengan baik, begitupun dengan Protap yang disampaikan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan juga telah diterapkan dengan baik,” ungkap Maidar. 

Protap dimaksud, jelas Maidar, seperti melakukan cek suhu, selalu memakai masker, meja tempat duduk berjarak minimal satu meter setengah kemudian kapasitas 50 persen dari ruangan, kemudian siswa dibagi dua sip, kemudian sekolah membentuk Satgas. 

“Mengacu SKB empat menteri, diatur kalau ada siswa terpapar, PTM harus dihentikan sementara selama 3×24 jam, yang terkonfirmasi saja yang dilakukan isolasi, dan dilakukan tracing selama tiga hari selanjutnya PTM kembali berlanjut. Di samping itu juga mensosialisasikan murid terpapar orang tua harus berlaku jujur, anaknya dihindari dulu untuk sekolah atau disampaikan kepada pihak sekolah sehingga ada komunikasi,” kata dia. 

Berdasarkan hasil monitoring dimaksud dan jumlah terkonfirmasi Covid-19 di Lambar yang terus mengalami penurunan, kata dia, maka pihaknya optimis tidak akan muncul kasus Covid-19 dari klaster sekolah, walaupun nantinya ada siswa yang terpapar maka itu merupakan klaster keluarga. 

“Kami tidak henti-hentinya mengajak masyarakat untuk selalu menerapkan Prokes dan bersama-sama memutus mata rantai penyebaran Covid-19 sehingga semua bisa segera berjalan normal seperti sedia kala,” pungkasnya.(nop/mlo)


Pos terkait