Mudahkan Pencarian Bahan Pustaka, Perpusda Luncurkan Program e-Pusda

  • Whatsapp
Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Lambar Yudha Setiawan

Medialampung.co.id – Jumlah pengunjung layanan digital Perpustakaan Daerah (Perpusda) yakni aplikasi digital e-Pusda Lambar pada saat pandemi Covid-19 tahun ini meningkat dibanding tahun sebelumnya.

“Layanan digital seperti e-Pusda menjadi alternatif kegiatan masyarakat saat pandemi Covid-19,” ujar Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Yudha Setiawan, S.I.P, Kamis (15/7).

Bacaan Lainnya

Kata dia, pada tahun lalu (Agustus-Desember) jumlah yang membuka aplikasi e-Pusda sebanyak 159 pengunjung, sedangkan dari Januari-Juni 2021 tercatat sebanyak 801 pengunjung jadi total 960 pengunjung.

“Selain Perpusda memfasilitasi buku buku cetak di era digita 4.0, Perpusda memfasilitasi di layanan e book atau e-Pusda,” bebernya

Menurut dia, e-Pusda Lambar dibuat untuk memudahkan masyarakat mengakses buku buku digital. Ada 440 judul dan beberapa jenis buku digital yag terdaftar di e-Pusda Lambar. 

“Aplikasi e-Pusda Lambar dibuat untuk meningkatkan minat baca masyarakat. Dengan aplikasi e-Pusda masyarakat tidak perlu datang langsung ke Perpustakaan Daerah Kabupaten Lambar, melainkan cukup mengakses dari smartphone/android masing-masing,” kata dia seraya menambahkan pengunjung e-Pusda diharapkan dapat melampaui pengunjung Perpusda.

Lanjut dia, adapun manfaat yang diperoleh dengan adanya aplikasi e-Pusda diantaranya masyarakat tidak perlu datang langsung ke Perpusda, memudahkan pencarian bahan pustaka yang diperlukan, serta memperoleh data pengunjung untuk peningkatan pelayanan e-Pusda. 

“Cara mengakses e-Pusda yaitu registrasi melalui download aplikasi e-Pusda melalui play store, isi email lalu mendaftarkan diri, isi identitas anda, konfirmasi email anda, serta login dan bisa mengakses buku digital. Jadi silahkan dicoba,” tegasnya. (lus/mlo)


Pos terkait