Mukhlis Basri Motivasi Karang Taruna untuk Terus Berinovasi 

  • Whatsapp

Medialampung.co.id – Pelatihan Karang Taruna Indonesia (KTI) tingkat Pekon dan Kecamatan di Kantor Kecamatan Airhitam, Kabupaten Lampung Barat (Lambar) oleh yang dipimpin langsung oleh Ketua KTI Lambar Ahmad Ali Akbar, SH., pada Rabu (24/11) terbilang istimewa karena dihadiri Anggota DPR RI Drs Hi Mukhlis Basri, M.P., yang kebetulan sedang berkunjung ke kecamatan itu dengan agenda pengecekan gerai vaksinasi tahap II yang difasilitasi langsung oleh legislator RI tersebut.

Dalam sambutannya, Mukhlis Basri (MB) menyampaikan rasa syukur dapat bersilaturahmi dengan Karang Taruna Lampung Barat dalam kondisi sehat dan semakin baik dari pandemi Covid-19.

Bacaan Lainnya

MB menegaskan, Organisasi Karang Taruna adalah organisasi yang besar dan sudah lama berdiri, bahkan pengurus pusatnya diisi oleh putra putri bangsa yang hebat, seperti Ketua Umumnya yang juga rekan sesama anggota DPR RI, dan bahkan di antara pengurus pusatnya ialah Walikota Solo yang juga Putra dari Presiden RI Ir. Joko Widodo. 

Pada kesempatan itu MB mengajak Karang Taruna untuk bisa berinovasi dengan memanfaatkan potensi yang ada seperti membangkitkan wisata, mengebangkan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM). 

Dalam pengembangan itu MB mengarahkan Karang Taruna untuk menelurkan inovasi yang terjangkau seperti pembangunan potensi wisata, yang skalanya dimulai dari pengunjung lokal baru secara perlahan diminati wisatawan luar.

“Seperti di Kecamatan Airhitam buat wisata yang paling tidak untuk awalnya dikunjungi wisata dari dalam kecamatan, jangan terlalu berangan tinggi dulu,” ajaknya

Dicontohkan MB jika jumlah penduduk Kecamatan Airhitam 15 ribu jiwa, dan yang berkunjung ke tempat wisata setiap hari libur semisalnya Sabtu dan Minggu 500 orang, dan setiap orang menghabiskan uang Rp50 ribu, yang digunakan untuk parkir, jajan atau lainnya artinya perputaran ekonomi mencapai Rp25 juta. Maka dari jumlah itu diambil keuntungan Sepuluh persen berarti dua hari libur dapat lokasi wisata meraup keuntungan Rp5 juta. 

Pada kesempatan itu MB tak ketinggalan mengingatkan Karang Taruna yang identik dengan pemuda dan pemudi agar tidak terjebak dengan Narkotika, karena mau bagaimanapun juga sensasi yang ditimbulkan dari penggunaan narkoba akan berdampak fatal pada kesehatan jasmani dan rohani. 

Imbauan itu dilontarkan MB karena Indonesia menjadi negara sasaran perdagangan narkoba internasional lantaran memiliki potensi yang besar memiliki penduduk 270 juta jiwa. 

“Justru Karang Taruna yang menjadi penerus bangsa terus mempertebal pengetahuan seperti bidang teknologi yang perkembangan kemajuannya sangat pesat, dan menjadi satu kebutuhan kehidupan manusia,” imbuhnya.

Sementara dalam sambutan Ketua KTI Lambar Ahmad Ali Akbar, S.H., Karang Taruna Kabupaten menggelar Sosialisasi dan Pelatihan Program Eksistensi dan Kedudukan, Karang Taruna Kecamatan dan Pekon secara bergilir di setiap kecamatan 

Dalam sosialisasi dan pelatihan tersebut, pengurus kabupaten memberikan pengetahuan seperti tentang dasar kedudukan Karang Taruna seperti apa menurut Undang Undang yang berlaku.

“Karang Taruna adalah anak kandung pemerintah yang dituntut Mandiri atau Mengelola Anggaran Sendiri, tetapi sesuai dengan aturan dan Undang-Undang yang berlaku sebagaimana perannya sang cukup besar,” tegasnya. 

Diharapkannya melalui sosialisasi seperti ini mampu meningkatkan Sumber Daya Manusia (SDM) pengurus dan anggota Karang Taruna, untuk berperan bersama pemerintah dalam memajukan wilayah.

Sementara dalam sambutan Camat Airhitam Andy Cahyadi, S.H, M,A.,sangat menyambut baik, karena sosialisasi itu manfaatnya sangat positif bahkan memberikan energi baru. 

“Mudah-mudahan ke depan bisa dilakukan penataan organisasi dan konsolidasi Karang Taruna untuk lebih optimal. Supaya bisa bersinergi menyukseskan program Bupati,” tandasnya. (r1n/mlo)

Pos terkait