Mukhlis Basri Perjuangkan Randis Babinsa Seluruh Indonesia

  • Whatsapp

Medialampung.co.id – Anggota Komisi I DPR RI Fraksi PDI Perjuangan Drs. Hi. Mukhlis Basri, mengusulkan untuk pengadaan 9.000 unit kendaraan dinas (Randis) roda dua (R2) yang diperuntukkan bagi Bintara Pembina Desa (Babinsa) di seluruh Indonesia melalui Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) tahun anggaran 2021 mendatang.

Hal tersebut disampaikan MB—sapaan Mukhlis Basri, pada acara silaturahmi yang  berlangsung di Base Camp 33 Kelurahan Waymengaku Kecamatan Balikbukit, yang dihadiri Dandim 0422 Lampung Barat Letkol Czi Benni Setiawan, M.Han., dan para anggota Laskar Merah Putih (LMP), tokoh masyarakat dan tokoh pemuda, Senin (12/10).

Bacaan Lainnya



“Saya duduk di Komisi I membidangi Pertahanan, Intelijen, Luar Negeri, Komunikasi dan Informatika. Terkait apa yang saya perjuangkan salah satunya soal Randis R2 bagi seluruh Babinsa di Indonesia dengan jumlah 9.000 unit alhamdulillah telah mendapatkan respon yang baik,” ungkap MB. 

Ia menilai, keberadaan Randis sangat penting bagi Babinsa dalam mendukung tugas pokok dan fungsi Babinsa, disamping fungsinya melaksanakan pembinaan teritorial (Binter) di wilayah pedesaan/kelurahan juga melaksanakan pembinaan yang bertugas pokok melatih warga memberikan penyuluhan di bidang hankam dan pengawasan fasilitas dan prasarana hankam di wilayah baik itu kelurahan/pedesaan.

“Babinsa merupakan satuan teritorial TNI AD paling bawah, yang berhadapan paling langsung dengan masyarakat. Dia berada di bawah Komando Rayon Militer, bagian dari Komando Distrik Militer dan Komando Resor Militer, yang menginduk pada Komando Daerah Militer, tentunya dengan kondisi geografis yang ada di Indonesia perlu menjadi pemikiran bersama untuk memberikan fasilitas kepada Babinsa, karena itu usulan pengadaan Randis menjadi salah satu fokus saya di DPR,” imbuhnya.  (nop/mlo)



Pos terkait