Mulai Aktifkan Siskamling, Warga Pindahkan Pos Ronda ke Lokasi Strategis

  • Whatsapp

Medialampung.co.id – Meningkatnya angka kriminalitas di tengah pendemi Covid-19 saat ini mendorong masyarakat untuk kembali meningkatkan sistem keamanan di lingkungan setempat.

Pengaktifan siskamling dilakukan guna memelihara keamanan dan ketertiban masyarakat (kamtibmas) seperti yang dilaksanakan Warga Pekon Watas, Kecamatan Balikbukit, Kabupaten Lampung Barat yang beramai-ramai memindahkan pos ronda ke lokasi yang strategis untuk memulai aktivitas ronda malam.

Bacaan Lainnya

Peratin Watas Mirwan Atmaja, A.Ma, menuturkan, menyikapi kondisi yang terjadi saat ini pihaknya mengajak masyarakat untuk bekerjasama mendukung terciptanya situasi keamanan dan ketertiban masyarakat dengan mengaktifkan kembali siskamling sebagai daya tangkal aksi kriminalitas di wilayah setempat .

“Karena kita menyadari bahwa memelihara Kamtibmas bukan hanya tugas anggota kepolisian saja, melainkan tugas dari seluruh lapisan masyarakat untuk membantu aparat  menjaga Kamtibmas di wilayah kita. Jadi kalau waktunya ronda ya ronda, jangan malas-malasan karena itu untuk kita semua,” kata Mirwan Minggu (24/1).

Selain itu, terusnya, pada setiap pelaksanaan ronda pihaknya  juga mengingatkan masyarakat untuk tidak segan-segan menanyakan asal dan tujuan, jika menemukan adanya warga yang tidak dikenal pada saat ronda malam. 

“Jadi bukan sekadar ronda saja, setiap ada warga yang memang membuat kita merasa curiga, segera tanyakan asalnya, dan bisa langsung menghubungi aparat pekon atau Bhabinkamtibmas untuk ditindaklanjuti,” pesannya.

Sementara itu, Kapolsek Balikbukit Iptu Arnis Daely mendampingi Kapolres AKBP Rachmat Tri Haryadi, S.Ik, M.H mengatakan, ditengah pandemi Covid-19, saat ini semua harus bergandeng tangan untuk memberantas atau mempersempit ruang gerak pelaku kejahatan. Yakni, dengan membangun sistem pengamanan yang berasal dari masyarakat atau pam swakarsa.

“Saya kira itu akan lebih efektif dibanding sekadar penegakan hukum yang dilakukan selama ini. Karena Pengaktifan siskamling ini, sangat efektif untuk pencegahan gangguan kamtibmas,” jelasnya

Untuk itu, seluruh elemen masyarakat diminta ikut berperan aktif dalam menciptakan keamanan. Baik tokoh agama, tokoh masyarakat, pemerintah daerah, hingga organisasi kemasyarakatan.(edi/mlo)


Pos terkait