Mulai Pekan Depan, Rumah Penerima PKH di Lambar Dipasang Sticker

  • Whatsapp
Ilustrasi

Medialampung.co.id – Pemerintah Kabupaten Lambar melalui Dinas Sosial rencananya mulai Senin (24/2) mendatang akan melakukan pemasang stiker ‘Keluarga Tidak Mampu’ di rumah warga penerima bantuan sosial (Bansos) program keluarga harapan (PKH).

“Untuk sementara ini kita akan melakukan pemasangan stiker di 13.540 rumah penerima bantuan sosial (Bansos) tahap I. Kita akan mulai di Kecamatan Waytenong pada Senin (24/2) mendatang,” kata Kabid Perlindungan dan Jaminan Sosial Ferri Istanto mendampingi Kepala Dinas Sosial Edi Yusuf, S.H, M.M., Kamis (20/2).

Bacaan Lainnya



Pemasangan stiker tersebut, kata dia, sesuai dengan intruksi dari Kementerian Sosial dan untuk mengetahui secara pasti berapa penerima Bansos PKH di Kabupaten Lambar sehingga asumsi warga bahwa program tersebut tidak tepat sasaran bisa diminimalisir.

Dengan pemasangan stiker ini akan adanya keterbukaan data penerima PKH serta dapat saling monitoring jika ada penerima PKH yang tidak tepat sasaran, sehingga bagi keluarga penerima manfaat (KPM) PKH yang mampu dapat secara sadar mengundurkan diri dari kepesertaan (graduasi).

“Tujuan pemasangan stiker ini adalah untuk mensasar seperti yang selama ini disampaikan masyarakat bahwa ada penerima bantuan sosial PKH yang tidak tepat sasaran,” kata dia.

Lanjut dia, setiap orang dengan terbuka dapat melihat siapa saja sebenarnya penerima manfaat dari PKH setelah adanya stiker di masing-masing rumah penerima, sehingga siapa pun boleh melaporkan jika ada penerima manfaat PKH ini yang memang tidak tepat sasaran kepada pendamping PKH dan Dinas Sosial.

“Dengan keluarnya keluarga mampu dari kepesertaan penerima manfaat PKH secara langsung mereka akan keluar dari BDT yang merupakan data kemiskinan di Lambar sehingga angka kemiskinan dapat di tekan,” tegasnya.

Lebih jauh dia mengatakan, sebanyak 13.540 rumah warga penerima Bansos tahap I yang akan dipasang stiker tersebut tersebar di  Kecamatan Airhitam  sebanyak 464 KPM, Kecamatan Balikbukit 1.556 KPM, Kecamatan Bandarnegeri Suoh sebanyak 1.787 KPM, Kecamatan Batubrak sebanyak 795 KPM, Kecamatan Batuketulis 904 KPM serta Kecamatan Belalau sebanyak 922 KPM.

Lalu Kecamatan Gedungsurian 731 KPM, Kecamatan Kebuntebu 635 KPM , Kecamatan Lumbokseminung 554 KPM, Kecamatan Pagardewa sebanyak 447 KPM , Kecamatan Sekincau 837 KPM, Kecamatan Sukau sebanyak 1.584 KPM, Kecamatan Sumberjaya 782 KPM, Kecamatan Suoh 824 KPM serta terakhir Kecamatan Waytenong 718 KPM.

“Untuk pemasangan stiker ini kita akan berkoordiansi dengan camat, peratin dan perangkat pekon. Kita berharap pemasangan stiker di rumah penerima PKH ini berjalan lancar,” pungkas dia. (lus/mlo)



Pos terkait