Musim Hujan, Jalinbar di Tanggamus Mulai Rusak

  • Whatsapp
Jalan lintas barat (Jalinbar) di Tanggamus mulai rusak pasca diguyur hujan selama sepekan terakhir. Foto dibidik di Jalinbar Pekon Terbaya, Kecamatan Kotaagung. - foto uji/rnn/mlo

Medialampung.co.id – Hujan yang mengguyur wilayah Kabupaten Tanggamus sejak sepekan terakhir membuat sebagian jalan lintas barat (Jalinbar) Tanggamus kembali rusak.

Berdasarkan Pantauan Sabtu (22/2), dari Jalinbar ruas Kecamatan Gisting hingga Kotaagung Barat kondisinya sudah mulai rusak. Aspal jalan tampak retak dan mengelupas sehingga membentuk lubang.

Bacaan Lainnya



Titik kerusakan terbanyak berada di Jalinbar ruas Pekon Batukeramat, Kecamatan Kotaagung Timur. Kemudian di Jalinbar ruas Pekon Terbaya, Kecamatan Kotaagung dan Kandangbesi, Kecamatan Kotaagung Barat.

Kondisi jalan yang mulai rusak dan berlubang itu membuat pengendara tidak nyaman. Seperti yang diungkapkan Faisol, salah seorang pengemudi, yang melintas.

Ia mengaku harus berhati-hati saat melintasi ruas Jalinbar di Kabupaten Tanggamus karena sebagian jalan kondisinya sudah mulai rusak.

“Jalanya sekarang sudah mulai berlubang lagi, jadi harus hati-hati,” katanya.

Warga Kecamatan Kotaagung Timur ini mengaku tidak heran jika sekarang kondisi Jalinbar Tanggamus banyak yang rusak. Karena menurutnya setiap musim penghujan memang kondisi jalan jadi cepat rusak.

” Ya, memang sudah biasa, setiap musim hujan pasti jalanya mulai pada rusak,” ujarnya.

Sementara itu, Riski, warga Pekon Terbaya mengatakan, beberapa waktu lalu jalan rusak di Pekon Terbaya sudah diperbaiki dengan cara tambal sulam. Namun perbaikan jalan tidak dilakukan secara merata. Karena masih banyak jalan yang berlubang maupun bergelombang.

“Tiga minggu yang lalu jalan ini sudah dibenerin oleh pekerja. Tapi perbaikanya nggak merata, alias nanggung, karena masih banyak jalan yang dibiarkan rusak,” tuturnya.

Kerusakan jalan lintas antar kabupaten ini menurutnya, selain menganggu kenyamanan juga bisa membahayakan pengendara sehingga harus segera diperbaiki.

“Harapan kami jalan lintas ini bisa segera diperbaiki, karena kalau dibiarkan bisa membahayakan penggunanya, khususnya pengendara roda dua,” ungkap Riski.

Sementara, Camat Kotaagung Syarif Zulkarnain mengatakan usulan perbaikan Jalinbar yang rusak disepanjang Kecamatan Kotaagung sudah disampaikan terhitung sejak tahun 2019.

“Usulan formal terkait jalan nasional sudah kami masukan sejak tahun 2019.Bahkan usulan perbaikannya termasuk drainasenya dimasukan dalam Musrenbang RKPD 2020. Harapanya usulan perbaikan direalisasikan, “ujar Syarif. (uji/ehl/mlo)



Pos terkait