Musim Pancaroba, Warga Diimbau Terapkan PHBS

  • Whatsapp
Kabid Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinas Kesehatan Lambar Ira Permata Sari, S.Farm.Apt.

Medialampung.co.id – Masyarakat Kabupaten Lambar diimbau untuk menjaga pola hidup sehat, yaitu dengan menerapkan Prilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) serta tetap menjaga kebersihan lingkungan tempat tinggal. Terutama pada perubahan cuaca atau pancaroba yakni perubahan dari musim kemarau ke musim hujan seperti yang terjadi saat ini.

“Dengan kondisi cuaca saat ini rawan timbul penyakit, seperti diare, ispa dan demam berdarah. Jadi masyarakat harus menjaga kebersihan dan kualitas makanan agar tidak mudah terserang penyakit,“ ujar Kabid Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Ira Permata Sari, S.Farm.Apt., mendampingi Kepala Dinas Kesehatan Paijo, S.K.M, M.Kes.

Bacaan Lainnya



Menurut dia, selain menerapkan pola hidup PHBS dan menjaga pola makan, warga juga diimbau untuk mengantisipasi tempat-tempat yang berpotensi menjadi sarang penyakit. “Untuk tempat penampungan air yang tidak ditutup agar ditutup serta kaleng-kaleng yang tidak dipakai sebaiknya dikubur,” kata dia.

Lanjut dia, selama ini banyak warga yang membuat pagar bambu dan sebisa mungkin bagian bambu yang bolong agar dipotong sehingga jangan sampai menampung air, karena nyamuk rentan berkembangbiak di dalam bagian bambu yang bolong tersebut.

Cuaca yang tidak menentu, kata Ira, dapat memicu terjadinya pelemahan daya tahan tubuh, karena sulit beradaptasi dengan perubahan cuaca maka perlu untuk melakukan antisipasi terhadap kesehatan tubuh dengan menjaga kebersihan lingkungan. “Menjaga kebersihan lingkungan rumah dan PHBS adalah upaya awal untuk mencegah terjangkit suatu penyakit yang kerap terjadi ketika perubahan iklim atau cuaca. Kita juga menyarankan masyarakat untuk rutin konsumsi vitamin,” pungkas dia. (lus/mlo)



Pos terkait