Musim Penghujan, DTPH Imbau Petani Antisipasi

  • Whatsapp
Kepala Dinas Tanaman Pangan dan Hortikuktura Kabupaten Lambar Yedi Ruhyadi

Medialampung.co.id – Musim penghujan yang saat ini sedang melanda sebagian wilayah di Kabupaten Lambar harus diantisipasi oleh para petani.

Kepala Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura (DTPH) Kabupaten Lambar Yedi Ruhyadi, S.P menghimbau petani untuk melakukan antisipasi dan intens melakukan pengawasan terhadap tanamannya. Hal itu mengingat saat ini curah hujan cukup tinggi terjadi di beberapa wilayah di Kabupaten Lambar.

Bacaan Lainnya


“Petani kita himbau untuk dapat melakukan antisipasi, karena di musim penghujan seperti sekarang ini rawan terjadi bencana, salah satunya banjir. Jadi kami berharap agar para petani rutin membersihkan saluran irigasi dan parit di sepanjang pematang sawah dengan cara bergotong royong sehingga air bisa mengalir dengan lancar,” kata Yedi, Jumat (11/12) 

Yedi juga berharap agar petani rutin mengamati tanamannya agar terhindar dari serangan hama dan penyakit. “Biasanya kalau musim penghujan, tanaman rentan terserang hama dan penyakit sehingga perlu dilakukan antisipasi oleh petani sehingga tanamannya tidak mudah rusak serta terserang hama dan penyakit,” imbuhnya

Kata dia, dengan dilakukannya langkah-langkah antisipasi tersebut, diharapkan tanaman petani dapat tumbuh subur dan membuahkan hasil sehingga menambah penghasilan para petani. Terlebih saat ini sedang ada wabah virus Corona (Covid-19) dan musim penghujan sehingga petani harus lebih ekstra mengamati dan merawat tanamannya sehingga hasilnya nanti sesuai dengan yang diharapkan oleh petani. 

“Sejauh ini laporan yang kami terima untuk tanaman padi masih aman,” tandasnya. (lus/mlo)




Pos terkait