Musim Penghujan, Petani Diimbau Lakukan Antisipasi

  • Whatsapp
Kepala Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura (DTPH) Yedi Ruhyadi, S.P.

Medialampung.co.id – Kepala Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura (DTPH) Kabupaten Lambar Yedi Ruhyadi, S.P menghimbau petani untuk melakukan antisipasi dan intens melakukan pengawasan terhadap tanamannya. Hal itu mengingat saat ini curah hujan cukup tinggi terjadi di beberapa wilayah di Kabupaten Lambar.

“Sejauh ini laporan yang kami terima  untuk tanaman padi masih aman dan kalau pun terendam banjir hanya sebentar sebentar saja sehingga masih bisa diatasi, seperti halnya di Kecamatan Kebuntebu,” ujar Yedi.

Bacaan Lainnya



Sementara di Kecamatan Suoh dan Kecamatan Bandarnegri Suoh tanaman padi sudah selesai proses panen sedangkan di Kecamatan Sukau, Kecamatan Sumberjaya dan Kecamatan Balikbukit aman.

“Untuk padi, prioritas kita seperti di Kecamatan Sukau, Balikbukit, Bandarnegeri Suoh, Kecamatan Suoh, Kebuntebu dan Kecamatan Sumberjaya. Untuk Kecamatan Suoh dan BNS sudah selesai panen, sedangkan Sukau, Balikbukit dan Sumberjaya aman, kemudian Kebuntebu sempat ada yang terendam banjir tapi bisa diatasi, semua rata-rata hampir mau panen,” kata dia.

Terkait musim penghujan saat ini, Yedi mengimbau kepada petani agar melakukan antisipasi, seperti rutin membersihkan parit (siring) di sepanjang pematang sawah sehingga air bisa mengalir dengan lancar. Selain itu, rutin mengamati tanamannya agar terhindar dari serangan hama dan penyakit.

“Biasanya kalau musim penghujan, tanaman rentan terserang hama dan penyakit sehingga perlu dilakukan antisipasi oleh petani sehingga tanamannya tidak mudah rusak,” kata dia

Dengan dilakukannya langkah-langkah antisipasi tersebut, kata dia, diharapkan tanaman petani dapat tumbuh subur dan membuahkan hasil sehingga menambah penghasilan para petani. Terlebih saat ini sedang ada wabah virus Corona (Covid-19) dan musim penghujan sehingga petani harus lebih ekstra mengamati dan merawat tanamannya. (lus/mlo)



Pos terkait