Musim Penghujan, Warga Diminta Bangun Sumur Resapan

  • Whatsapp
Sumur Resapan

Medialampung.co.id – Guna mencukupi ketersediaan air saat memasuki musim kemarau.  Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Lampung Barat mengimbau masyarakat agar dapat memanfaatkan tingginya curah hujan saat ini untuk membuat sumur resapan.

Kabid Bantuan dan Kesiapsiagaan  Hidayatulloh mendampingi Kepala BPBD Drs. Gison Sihite, M.M, menjelaskan, pembuatan sumur resapan air mampu menjaga dan meningkatkan debit air tanah sekaligus mengatasi banjir di sekitar wilayah resapan.

Bacaan Lainnya



“Apabila memasuki musim kemarau nanti fungsi sumur resapan bisa kita rasakan, sehingga kami menganjurkan masyarakat segera membuatnya dari pada saat musim hujan saat ini agar air tidak terbuang sia-sia ke jalan. Melalui sumur resapan air bisa di tampung dan sewaktu-waktu bisa digunakan,” ungkap Hidayatulloh.

Upaya mengantisipasi kekurangan air bersih di Lambar, kata dia, tidak bisa dilakukan tanpa ada kerjasama dari masyarakat. Untuk itu, pihaknya mengimbau agar mulai saat ini masyarakat dapat ikut andil dalam upaya mitigasi dampak kemarau seperti yang berlangsung pada tahun 2019 lalu.

“Upaya ini efektif apabila kita terapkandi musim hujan, jadi kalau pun tahun ini kembali terjadi kemarau mudah-mudahan tidak terlalu berdampak pada kekeringan air,”  imbuhnya.

Diakuinya, pihak BPBD selalu siaga dalam menghadapi bencana, salah satunya bencana kekeringan, saat menghadapi beberapa bulan kedepan. Salah satunya dengan memberikan imbauan terhadap masyarakat dalam menghadapi dampak kemarau, agar masyarakat khususnya di daerah yang rawan krisis air bersih bisa mengantisipasinya.

“Untuk itu, kami imbau agar masyarakat supaya memanfaatkan dan menghemat air bersih yang ada, serta menjaga lingkungan agar tidak terjadi hal yang diinginkan, seperti hal kecil khususnya untuk masyarakat yang berada sekitar sumber mata air di kawasan hutan agar dapat menjaganya supaya tetap hijau sehingga ketersediaan air terjaga,” pungkas dia. (edi/lus/mlo)



Pos terkait