Musrenbang Tingkat Kecamatan akan Mulai Digelar

  • Whatsapp
Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Ir. Okmal, M.Si

Medialampung.co.id –  Kegiatan musyawarah rencana pembangunan (musrenbang) tingkat kecamatan di Kabupaten Lambar akan mulai digelar besok, Senin (10/2) di tiga lokasi yaitu Pekon Tribudisyukur Kecamatan Kebuntebu rencananya dihadiri Bupati Hi. Parosila Mabsus, kemudian di Pekon Puramekar Kecamatan Gedungsurian dan Pemangku Talang Bali Kecamatan Airhitam akan dihadiri Wakil Bupati Mad Hasnurin

“Besok musrenbang kecamatan akan dilaksanakan di Kecamatan Kebuntebu, Kecamatan Gedungsurian dan Kecamatan Airhitam,” ujar  Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Ir. Okmal, M.Si.

Bacaan Lainnya



Kata dia, kegiatan musrenbang tersebut akan dihadiri Anggota DPRD sesuai dengan daerah pemilihan (Dapil), organisasi perangkat daerah (OPD), BPN, BPS, BPJS, utusan pekon, peratin, lembaga himpunan pemekonan (LHP), tokoh agama, masyarakat, tokoh pemuda, tokoh adat, pendamping dana desa, pendamping PKH, TKSK dan stakehoder lainnya sesuai di kecamatan.

“Dalam musrenbang kecamatan itu juga akan dihadiri instansi vertical, seperti BPN,BPS dan BPJS, karena siapa tahu ada aspirasi masyarakat yang akan disampaikan seperti terkait tanah, kesehatan dan data,” ungkap Okmal.

Masih kata dia,  di hari kedua, tepatnya Selasa (11/2) musrenbang akan dilaksanakan di Pekon Sidomulyo Kecamatan Pagardewa dan Pekon Sindangpagar Kecamatan Sumberjaya, Rabu (12/2) di Pekon Atarkuwau Kecamatan Batuketulis dan Pekon Kenali Kecamatan Belalau, Kamis (13/2) kegiatan musrenbang akan dipusatkan di Pekon Kubuperahu Kecamatan Balikbukit serta Pekon Sukabumi Kecamatan Batubrak.

Selanjutnya Selasa (18/2) dipusatkan di Pekon Roworejo Kecamatan Suoh dan Pekon Bandargaung Kecamatan Bansdarnegeri Suoh serta terakhir musrenbang akan dilaksanakan Rabu (19/2) di Pekon tanjungraya Kecamatan Waytenong serta Pekon Giham Sukamaju Kecamatan Sekincau.

“Jadi nanti dibagi dua tim yaitu tim I bapak Bupati dan tim II bapak Wakil Bupati,” ujar dia.

Masih kata Okmal, untuk tahun ini, bagi kecamatan yang pelaksanaan musrenbangnya terbaik I,II dan III akan mendapatkan reward dari pemerintah daerah.

Tujuan penilaian untuk memberikan motivasi kepada kecamatan agar mekanisme perencanaan mulai dari musrenbang tingkat pekon hingga kecamatan dilaksanakan dengan baik, jadi jangan hanya sekadar formalitas, serta menunjukkan apakah yang dibangun kepala daerah dimanfaatkan oleh kecamatan.

“Tim yang melakukan penilaian  rencananya dari unsur Persatuan Wartawan Indonesia (PWI), Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) serta kalangan dari profesional,” katanya seraya menambahkan, untuk hasil penilaian akan diumumkan pada saat pelaksanaan musrenbang tingkat kabupaten pada Maret mendatang. (lus/mlo)



Pos terkait