Musrenbang Tingkat Pekon Dimulai, Akmal Harapkan Partisipasi Masyarakat 

  • Whatsapp

Medialampung.co.id – Jajaran aparatur pemerintah pekon di Kecamatan Balikbukit, Kabupaten Lampung Barat mulai melaksanakan Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) dalam rangka penyusunan Rencana Kerja Pemerintah (RKP) Pekon Tahun 2021.

Dalam momentum musrenbang tahun ini, Camat Balikbukit Drs. Akmal Hakim mendorong partisipasi masyarakat agar memanfaatkan momentum musrenbang sebagai wadah untuk menyalurkan aspirasi guna mewujudkan pemerataan pembangunan. Hal itu disampaikan saat membuka kegiatan Musrenbang di Pekon Sukarame, Selasa (25/8).

Bacaan Lainnya



Menurutnya, musrenbang tingkat pekon ini akan menyerap aspirasi masyarakat dalam rangka mewujudkan cita-cita yang sudah termuat dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah (RPJM) Pekon.

“Setiap wilayah di tingkat pemangku memiliki prioritas yang berbeda. Kami berharap kepada pemerintah pekon serta dapat betul-betul melihat kebutuhan masyarakat di tiap pemangku,” kata Akmal. 

Lebih lanjut ia memaparkan bahwa agenda musrenbang yang akan dilaksanakan di 10 pekon itu juga merupakan rangkaian dari proses penyusunan rencana kerja pemerintah pekon secara partisipatif untuk menjaring aspirasi dan kepentingan masyarakat sesuai potensi dan permasalahan yang dihadapi guna mengoptimalkan hasil pembangunan di wilayah masing-masing.

“Partisipasi masyarakat khususnya dalam proses perencanaan merupakan hal yang sangat penting untuk pengambilan keputusan dengan melibatkan pemangku kepentingan,” imbuhnya.

Sementara, Peratin Sukarame Takzim menambahkan bahwa musrenbang itu dilaksanakan sebagai salah satu tahapan untuk menyusun program kerja pemerintah pekon tahun 2021 mendatang. Mengingat kegiatan itu merupakan tahapan penting maka ia mengajak seluruh lapisan masyarakat untuk dapat menyampaikan aspirasinya.

“Mudah-mudahan Musrenbang pekon ini akan menghasilkan usulan program yang berkualitas untuk mewujudkan pekon sukarame yang lebih maju di segala bidang, dan seluruh pembangunan bisa dinikmati oleh seluruh lapisan masyarakat,” harapnya.

Selain itu, melalui musrenbang juga diharapkan program yang diwujudkan pada tahun anggaran 2021 dapat lebih terencana serta dapat dipertanggungjawabkan oleh semua, terutama warga seluruh pemangku kepentingan yang hadir di dalam musyawarah tersebut.(edi/mlo)



Pos terkait