Nakes Dapat Vaksin Pertama di Waykanan

  • Whatsapp

Medialampung.co.id – Pemerintah Daerah Kabupaten Waykanan menggelar Rapat Koordinasi Persiapan Vaksinasi Covid-19 di Kabupaten Waykanan, (20/1)

Rapat yang dipimpin oleh Sekretaris Daerah Kabupaten, Saipul, S.Sos., M.IP., didampingi unsur Polres Waykanan, unsur Kodim 0427/Wk, Asisten III Bidang Administrasi Umum, Drs. Harun Anosa, M.M., dan unsur Kementerian Agama Kabupaten Waykanan tersebut merupakan tindaklanjut dari Rakor Bupati/Walikota se-Provinsi Lampung kemarin tanggal 19 Januari 2021 di Gedung Pusiban Kantor Gubernur Lampung dengan pembahasan terkait instruksi Presiden untuk Program Vaksinasi Covid-19.

Bacaan Lainnya


Untuk itu, Sekda Saipul dalam arahannya menyampaikan kepada jajaran dan pihak terkait untuk benar-benar mempersiapkan pelaksanaan vaksinasi di Kabupaten Waykanan dengan Tahap I yang menyasar pada Tenaga Kesehatan.

“Persiapkan hal-hal terkait pelaksanaan vaksinasi, mulai dari pengawalan vaksin sampai di Kabupaten, penyimpanan, keamanan vaksin serta logistik pendukung lainnya dan lokasi pelaksanaan vaksinasi sesuai dengan aturan dan Protokol Kesehatan,” ujar Sekda Saipul.

Selain itu, jelang pelaksanaan vaksinasi, Sekda Saipul juga meminta agar kembali mengaktifkan Gugus Tugas Covid-19 secara masif sampai tingkat Kampung / Desa serta merancang Surat Edaran Bupati terkait penegasan dan sanksi bagi masyarakat yang masih melanggar Protokol Kesehatan terutama menyelenggarakan acara yang melibatkan banyak orang.

“Mengingat semakin bertambahnya Kasus Terkonfirmasi Positif Covid-19 di Provinsi Lampung, selain mempertegas kembali larangan melaksanakan acara yang berpotensi menimbulkan kerumunan, Pembelajaran Tatap Muka juga kembali ditunda sampai waktu yang belum ditentukan untuk mencegah penularan Covid-19 di sektor pendidikan. Selain itu, dalam Surat Edaran Bupati juga dicantumkan sosialisasi secara persuasif, pemanggilan tuan rumah penyelenggara serta pembubaran secara paksa apabila terdapat pelanggaran,” tegas Sekda Saipul yang juga meminta untuk dijadwalkan Operasi Yustisi di tiap Kecamatan guna penertiban Prokes.

Ditempat yang sama, Kepala Dinas Kesehatan, Anang Risgiyanto  menyampaikan bahwa untuk Kabupaten Waykanan menerima sebanyak 3.360 dosis vaksin sinovac yang akan diberikan kepada 2.024 Tenaga Kesehatan dan 10 orang Pejabat Publik yang telah terdaftar pada P-Care.

“Selanjutnya untuk lokasi vaksinasi akan dilaksanakan di RSUD ZA Pagar Alam dan 20 Puskesmas Kecamatan se-Kabupaten Waykanan dengan melibatkan 1.110 vaksinator,” jelas Kadis Kesehatan yang juga Juru Bicara TGPP Covid-19 pada Rapat yang juga dihadiri oleh Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Kampung, Ixuan Ahmadi, S.Sos, Kepala Satuan Polisi Pamong Praja, Drs. Nuryadin Ali Mustofa, Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah, Bismijanadi, S.E dan unsur Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah Waykanan tersebut.(wk1/mlo)


Pos terkait