Nanang Ermanto Tinjau Kemunculan Sumber Air Panas di Jatiagung

  • Whatsapp

Medialampung.co.id – Fenomena munculnya sumber air panas dari sumur bor milik Subadri, warga Dusun Sidodadi 1, Desa Jatimulyo, Kecamatan Jatiagung sempat membuat geger warga. Bahkan Bupati Lampung Selatan Nanang Ermanto menyempatkan waktu meninjau lokasi tersebut, Rabu (30/6).

Bupati didampingi Kadis Lingkungan Hidup Feri Bastian, Camat Jatiagung Jhony Irzal, Kepala Desa Jatimulyo Sumardi, S.E., anggota Polsek Jatiagung serta jajaran aparatur Desa Jatimulyo serta pemilik lahan Subadri.

Bacaan Lainnya

Nanang mengatakan bahwa munculnya air panas itu berawal dilakukannya pengeboran sumur oleh Subadri.

“Kejadian (kemunculan air panas) ini ketidaksengajaan dari Pak Subadri yang mengebor guna mengairi tanaman jagung dan sayuran di lahannya,” ujarnya kepada medialampung.co.id.

Terus dia, keluarnya air panas itu ternyata menarik perhatian masyarakat untuk datang dan melihat langsung kejadian tersebut. Untuk mengantisipasi terjadinya kerumunan warga, maka sumur bor tersebut diminta untuk ditutup atau dipagar sementara waktu.

“Untuk sementara saya minta pihak desa dan Kecamatan Jatiagung serta Pak Subadri menutup sementara sampai nanti pihak terkait melakukan pengujian, apa yang terdapat dari kandungan air ini yang akan dilakukan tim ahli. Tujuannya untuk menghindari kerumunan warga yang bisa mengakibatkan terjadinya kluster baru virus corona,” pungkasnya.

Sementara itu Kadis Lingkungan Hidup (DLH) Lampung Selatan, Feri Bastian mengatakan bahwa untuk hasil dari pengujian sementara di laboratorium DLH baru 12 parameter yang baru diuji, dimana kandungan mangannya sangat tinggi. Soal keterkaitan kandungan lain, nantinya tim akan mengambil sampel air lagi guna dilakukan penelitian di laboratorium yang lebih tinggi.

Disinggung Mengenai efek dari kandungan air itu, Feri menjelaskan bahwa bisa merusak fungsi hati bilamana air tersebut dikonsumsi.

“Itu karena kandungan dari semburan air panas ini sangat tinggi,” jelasnya. (wji/mlo)


Pos terkait