Nanang-Pandu Hadiri Musrenbang, Jatiagung Disiram Rp46 Miliar

  • Whatsapp

Medialampung.co.id – Pemerintah Kecamatan Jatiagung, Kabupaten Lampung Selatan menggelar Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) Rencana Kerja Pembangunan Daerah Kabupaten Lampung Selatan tahun 2022 di aula Gedung Serba Guna (GSG) Sehati Desa Margorejo, Selasa (2/3).

Pada kesempatan tersebut, hadir Bupati Lampung Selatan Hi. Nanang Ermanto, Wakil Bupati Pandu Kesuma Dewangsa, Sekkab Thamrin, para pejabat struktural kabupaten, anggota DPRD setempat, yaitu Rosdiana dari Fraksi PDIP,  Maria Agatha.M Fraksi (Golkar), Baiquni Aka Sanjaya Fraksi (PAN), Muhammad Akyas (PKS), dan Amelia Amanda Sari (Gerindra). 

Bacaan Lainnya

Lalu Kapolsek Jatiagung Iptu Anwar Mayer Siregar, anggota Koramil 421-09/TB Pelda Lukman, Camat Jhony Irzal, S.Sos., jajaran Forkopimcam Jatiagung, KUPT serta kepala desa se-Kecamatan Jatiagung.

Dalam sambutannya, Bupati Nanang mengatakan bahwa musrenbang kali ini  berbeda dengan tahun sebelumnya, dimana itu dilaksanakan secara sederhana mengingat kondisi masih pandemi Covid-19. Sehingga peserta dibatasi dengan tetap menerapkan protokol kesehatan (prokes). 

“Tahun sebelumnya, musrenbang diadakan dengan banyak pelayanan langsung kepada masyarakat, tapi karena masih pandemi sehingga acara ini dibatasi,” ujarnya di awal sambutan. 

Lanjut dia, setiap pembahasan pembangunan itu tidak terlepas akan adanya Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) yang dianggarkan setiap tahunnya.

Nanang juga mengatakan bahwa keadaan anggaran daerah saat ini sedang mengalami defisit (penurunan), dan terjadi hampir menyeluruh di provinsi di Indonesia. 

“Untuk Kecamatan Jatiagung sendiri, tahun 2020 dana yang dikucurkan Rp65 miliar, sementara untuk tahun ini menurun menjadi Rp46 miliar,” ungkapnya kepada medialampung.co.id. 

Dirinya juga mengingatkan agar musrenbang ini dijadikan forum tertinggi di tingkat kecamatan guna menjaring aspirasi masyarakat. 

Dan tak lupa ia berpesan agar Dana Desa (DD) dan Anggaran Dana Desa (ADD) dari pemerintah pusat dapat dimanfaatkan untuk pembangunan secara merata sampai ke tingkat desa.

“Saya mengajak masyarakat dan jajaran pemerintah desa bersinergi dalam mensukseskan pembangunan daerah walaupun masih dalam situasi pandemi Covid-19,” harapnya.

Sementara Camat Jatiagung, Jhony juga berharap apa yang diusulkan dalam musrenbang kali ini semua bisa terakomodir dan terealisasi di tahun 2022.”Dan mudah-mudahan pandemi virus corona ini segera berlalu, sehingga aktivitas masyarakat kembali seperti biasa dan ekonomi semakin membaik,” imbuhnya. (wji/mlo)


Pos terkait