Nandang Tuntun Warga Maksmialkan Potensi Lahan Perikanan

  • Whatsapp

Medialampung.co.id – Dalam rangka mempertebal ilmu pengetahuan warga dalam bidang usaha budidaya perikanan air tawar yang saat ini mulai ditekuni secara merata oleh warga Pekon Ciptamulya, Kecamatan Kebuntebu, Kabupaten Lampung Barat (Lambar) terutama  yang memiliki lahan (kolam) ikan.

Pemerintahan pekon setempat yang dikomandoi oleh Peratin Nandang Romadona, melakukan sosialisasi perikanan, dengan menghadirkan tenaga berkompeten dari Balai Benih Ikan (BBI) Sumberjaya, yakni Kepala Unit Pelaksana Teknis (UPT) BBI Ignatius, S.St, Pi., bersama Penyuluh Perikanan Bantu Badan Riset Sumberdaya Manusia Kelautan dan Perikanan Kementerian Kelautan dan Perikanan (PPB-BRSDMKP) Gingin Margiana Argasasmita, S.St, Pi., dan para mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Unila di pekon teresebut.

Bacaan Lainnya



Tujuan dilaksanakannya sosialisasi perikanan tersebut, tentunya sebagai dasar dalam mengembangkan sektor perikanan di Pekon Ciptamulya, sesuai target Peratin Nandang Romadona, yakni suatu saat Ciptamulya berstatus pekon sentra penghasil benih dan ikan konsumsi, khususnya untuk Kecamatan Kebuntebu.

Dikatakan Nandang Romadona, pihaknya berambisi mayarakat Pekon Ciptamulya bisa meningkatkan ekonomi melalui perikanan karena memiliki potensi yang besar, seperti rata-rata rumah tangga memiliki kolam. Maka dari itu langkah awal yang dilakukan membimbing warga untuk memaksimalkan pemanfaatan aset yang dimiliki.

“Kita awali paling tidak untuk kebutuhan ikan warga jangan sampai beli, melainkan memanfaatkan budidaya. Dan berikutnya justru telah mampu menjual, artinya menuntun warga melakukan pemanfaatan lahan secara maksimal dengan kekayaan potensi kolam dan air yang dimiliki,” tegasnya.

Sementara dengan kehadiran KKN menjadi sumber penambahan wawasan lantaran adanya Program Kerja (Progja) yang akan diterapkan dibidang perikanan tersebut. “Kehadiran KKN Unila ini juga menjadi modal yang baik bagi masyarakat untuk mempertebal wawasan dan pengalaman tentang budidaya ikan,” tandas dia. (ius/mlo)



Pos terkait