Nelayan Diminta Maksimalkan Bantuan Alat Tangkap

  • Whatsapp

Medialampung.co.idSeluruh kelompok nelayan di Kabupaten Pesisir Barat (Pesbar) yang telah menerima bantuan alat tangkap perikanan dari Pemerintah melalui Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) dan Pemkab Pesbar, diharapkan dapat memaksimalkan penggunaan atau pemanfaatnya serta perawatannya.

Kabid Perikanan Tangkap, Bambang Supeno, A.Pi., mendampingi Kepala Dinas Perikanan setempat, Armen Qodar, S.Ip, M.M., mengatakan hingga kini nelayan yang tergabung dalam kelompok nelayan di Kabupaten Pesbar mulai dari Kecamatan Lemong hingga Bangkunat masih terus diupayakan untuk mendapat bantuan dari pemerintah, terutama bantuan peralatan tangkap.

Bacaan Lainnya



“Bantuan yang sebagain besar telah direalisasikan ke nelayan di Kabupaten Pesbar ini jelas cukup berdampak bagi nelayan untuk meningkatkan hasil produksi tangakapannya dilaut,” katanya, Selasa (17/12).

Dicontohkannya, selama tahun 2019 secara keseluruhan terdapat 51 unit peralatan tangkap dari berbagai jenis yang telah direalisasikan kepada kelompok nelayan di Kabupaten setempat. Seluruh peralatan tangkap yang telah disalurkan Pemerintah dalam hal ini Pemkab Pesbar ke kelompok nelayan itu salah satu upaya untuk memaksimalkan hasil tangkapan nelayan.

“Saat ini semua peralatannya sudah dimanfaatkan oleh nelayan dan berbagai jenis alat tangkap itu sangat membantu nelayan saat melaut mencari ikan,” jelasnya.

Dijelaskannya, dari 51 unit peralatan yang sudah disalurkan selama 2019 itu rinciannya antara lain 20 unit Global Positioning System (GPS), rumpon laut dalam dan laut dangkal masing-masing sebanyak empat unit dan jaring rampung sebanyak 23 unit. Seluruh peralatan itu telah disalurkan ke kelompok nelayan yang belum mendapat bantuan dan memang membutuhkan.

“Meski begitu Pemkab juga akan tetap berupaya agar semua kelompok nelayan di kabupaten Pesbar ini bisa mendapat bantuan secara merata terutama untuk berbagai jenis peralatan tangkap,” ujarnya.

Masih kata dia, pada tahun anggaran 2020 mendatang Pemkab Pesbar melalui Dinas Perikanan setempat juga telah mengajukan kembali untuk bantuan berbagai jenis peralatan tangkap ke KKP seperti jaring ikan dan jenis alat tangkap ikan lainnya.

“Kita berharap pengajuan bantuan peralatan tangkap itu semuanya bisa direalisasikan ditahun anggaran 2020 mendatang, terutama dari KKP yang memang sangat diharapkan dan dibutuhkan nelayan,” pungkasnya. (yan/d1n/mlo)



Pos terkait