Ngetrail Sembari Explore Keindahan Alam Bumi Lampung Barat

  • Whatsapp

Medialampung.co.id – Trail Jajaran Gudang (Trajang) Lampung Barat, menjadi salah satu komunitas motor trail yang intens dalam mengexplore keindahan alam Bumi Beguai Jejama Sai Betik.

Belum lama ini, Trajang melakukan kolaborasi dengan Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) setempat melakukan adventure untuk menggapai surga tersembunyi di Kecamatan Pagardewa yang berada di 457 Meter Diatas Permukaan Air Laut (Mdpl).

Bacaan Lainnya

Ngetrail sembari explore keindahan alam kali ini menyasar empat destinasi wisata, yakni Curug Kalong, Curug Bengkuang, Lembah Batu Way Umpu berada di wilayah Pekon Basungan serta negeri di atas awan berada di wilayah Pekon Batu Api. 

Ketua Trajang Lambar Bamsoed mengungkapkan, dengan menyusuri jalan setapak, rimbunnya hutan belantara, terkadang disuguhi hijaunya hamparan perkebunan kopi, ditambah kondisi geografis berupa perbukitan menjadikan explore destinasi wisata terasa menantang. 

“Perjalanan yang ditempuh selama enam jam, dengan mengambil rute Liwa-Tanjungraya-Hujung-Srengit-Batu Api-Basungan. Untuk mencapai lokasi kondisi jalan yang kami lintasi sebagian besar hanya berupa jalan setapak, terkadang kami harus merintis jalan baru karena kondisinya memang belum pernah dilintasi kendaraan,” ungkapnya. 

Dengan menunggangi sepeda motor Honda CRF 150L mengusung mesin 149cc fuel injection berpendingin udara yang mampu menghasilkan 12,7 tk pada 8.000 rpm dan torsi 12,43 Nm pada 6.500 rpm, jalan terjal berbatu-pun dilibas dengan mudah. Keindahan alam yang dituju yang menjanjikan membuat perjalanan yang menghabiskan waktu berjam-jam terasa singkat. 

“Sepeda motor yang kami tunggangi rata-rata berkapasitas mesin 149cc – 150cc, alhamdulillah meski terkadang kami menemukan spot yang sulit dilintasi tetapi semua bisa kami lalui, disini kerjasama tim menjadi hal penting, karena ketika ada yang sulit untuk melaju maka yang lain siap membantu,” cerita Bamsoed. 

Setibanya di Kecamatan Pagardewa, kata dia, maka eksplore kembali dimulai. Eksplore pertama dengan mengunjungi Curug Kalong, dilanjutkan dengan mengunjungi Curug Bengkuang, Lembah Batu Way Umpu lalu menikmati keindahan alam di atas awan Batu Api. 

“Rasa lelah kami sepanjang perjalanan terbayar dengan suguhan keindahan alam di Pagardewa, beberapa curug yang kami kunjungi sangat indah, begitu juga dengan lembah batu dan negeri diatas awan Batu Api, dimana kita bisa menyaksikan hamparan perkebunan kopi sejauh mata memandang, tidak hanya itu ada curug yang berada di jarak sekitar lima kilometer bisa terlihat jelas dari puncak tersebut,” lanjut Bamsoed.

Sementara Kepala Diskominfo Lambar Padang Prio Utomo yang juga ikut serta dalam Adventure tersebut mengungkapkan, kabupaten setempat memiliki keindahan alam yang jarang ditemukan di daerah lain. Bagi para pecinta motor trail yang ingin menyalurkan hobi ngetrail dan menikmati keindahan alam, bisa mengikuti jejak Trajang dan Kominfo. 

“Tetapi tenang bagi masyarakat yang ingin mengexplore destinasi wisata tersebut ada rute yang tentunya lebih mudah dan jarak tempuh yang dekat, yakni Rute Kecamatan Waytenong dengan mengendarai kendaraan roda dua atau roda empat menuju Kecamatan Pagardewa, setelah sampai di Kecamatan Pagardewa bisa menumpang ojek dan minta dipandu oleh Pokdarwis (kelompok sadar wisata) di wilayah itu,” kata dia. 

Ia berharap kedepan akan semakin banyak komunitas-komunitas yang bisa turut serta membantu pemerintah dalam mempromosikan keindahan alam Lampung Barat, sehingga bisa lebih dikenal oleh masyarakat luar. (nop/mlo)




Pos terkait