Niat Buka Kebun, Satu Hektar Lahan Hangus Terbakar

  • Whatsapp

Medialampung.co.id – Tim Taruna Tanggap Bencana (Tagana) Kecamatan Lumbokseminung, Kabupaten Lampung Barat pada Selasa malam (17/9) sekitar pukul 20:30 WIB, masih sibuk memadamkan api yang membakar kebun milik warga di Pemangku Mesawor, Pekon Lombok.

Pasalnya, diduga hendak membuka kebun dengan cara membakar, api tiba-tiba meluas hingga menghanguskan sedikinya satu hektar (Ha) lahan gambut.

Bacaan Lainnya



Peratin Pekon Lombok, Selamat, membenarkan kejadian tersebut, menurutnya awal mula api diduga berasal dari aktivitas pembukaan lahan perkebunan yang berstatus marga, milik Zamzani warga setempat sekitar pukul 17:00 WIB. Tidak berselang lama, tiba-tiba api langsung meluas hingga menggegerkan warga setempat.

“Awalnya mungkin ada aktivitas pembukaan lahan dengan cara dibakar, kemudian api meluas, dan kini  sudah sekitar satu hektar lahan yang hangus,” ungkap Selamat.

Hingga saat ini, kata dia, tim gabungan dari Tagana dan masyarakat sudah turun ke lokasi untuk melakukan proses pemadaman api.

“Tim dari tagana sudah ke lokasi, tapi sampai saat ini api memang belum berhasil di padamkan,” imbuhnya.

Sementara, Koordinator Tagana Kecamatan Lumbomseminung Yokap Pirwindo, menjelaskan hingga saat ini pihaknya dibantu masyarakat masih berusaha memadamkan api di lokasi dengan menggunakan peralatan seadanya. Besarnya hembusan angin membuat api sulit dipadamkan.

“Api masih belum berhasil kami padamkan, dan saat ini terus meluas karena hembusan angin yang cukup kencang, saat sedikitnya sudah  sekitar satu hektar lahan yang hangus,” singkat dia.(edi/mlo)



Pos terkait