Nukman Lantik Mabiran, Kwarran dan LPK Lumbokseminung 

  • Whatsapp

Medialampung.co.id – Ketua kwartir cabang (Kwarcab) Gerakan Pramuka Lampung Barat Drs. Nukman, M.M, melantik dan mengukuhkan jajaran pengurus Majelis Pembimbing Ranting (Mabiran), Kwartir Ranting (Kwarran), Lembaga Pemeriksa Keuangan (LPK) serta Dewan Kehormatan Ranting Gerakan Pramuka Kecamatan Lumbokseminung, Kamis (4/3).

Prosesi pelantikan itu di ikuti sebanyak 50 pengurus yang terdiri dari 37 pengurus dari unsur Mabiran, 48 Pengurus Kwarran, 5 Pengurus LPK serta 12 pengurus dewan kehormatan. 

Bacaan Lainnya


Acara  yang berlangsung di aula hotel seminung lumbok resort tersebut dihadiri anggota DPRD Dapil II Drs. Hi. Nusyirwan Zakki, M.M, Camat Lumbokseminung yang juga sebagai Ketua Mabiran Hendri Wijaya, Sos, M.M, serta sejumlah peratin. 

Ketua Kwarcab Pramuka Lambar, Nukman menyampaikan bahwa pelantikan dan pengukuhan Pengurus Kwarran tersebut berjalan sesuai amanat Undang-undang Republik Indonesia No.12/2010 Tentang Gerakan Pramuka.

”Kwartir Ranting mempunyai tugas memimpin dan mengendalikan gerakan pramuka dan kegiatan kepramukaan di kecamatan,” ujar Nukman yang juga menjabat sebagai inspektur Lambar tersebut.

Lebih lanjut ia mengungkapkan bahwa pendidikan Kepramukaan adalah salah satu pendidikan non-formal yang menjadi wadah pengembangan potensi diri agar memiliki akhlak mulia, pengendalian diri dan kecakapan hidup untuk melahirkan kader penerus perjuangan bangsa dan negara.

“Untuk itu kami berharap kepada pengurus Kwaran yang telah dilantik segera melakukan konsolidasi dengan Camat dalam melakukan kegiatan kepramukaan dan harus melibatkan semua pihak yang terkait,” pesannya.

Menurutnya, Sebagai pengurus ada tiga hal yang perlu diperhatikan, yakni mau, mampu, dan punya dedikasi tinggi. Hal itu diperlukan agar organisasi yang dijalankan dapat mencapai sebuah kemajuan.

“Menjadi pengurus Gerakan Pramuka merupakan pengabdian dan dalam sebuah pengabdian harus dilandasi dengan sikap ikhlas. Tantangan yang dihadapi pengurus pramuka makin berat. Untuk itu, diperlukan pengurus yang tangkas dan cerdas agar bisa menyelesaikan semua tantangan dan rintangan,” harapnya.

Diakhir sambutannya ia mengucapkan selamat bekerja dengan menyampaikan harapan agar proses reorganisasi ini dapat menambah kemajuan Gerakan Pramuka khususnya di Lumbok Seminung dan secara umum di Bumi Beguai Jejama Sai Betik ini.

“Saya berharap agar semua pengurus menjalani amanah ini dengan ikhlas. Mudah-mudahan, dengan pengabdian ikhlas ini akan membawa manfaat bagi masyarakat,” pungkasnya.

Sementara itu, Ketua Mabiran Lumbokseminung Hendri Wijaya, S.Sos, M.M, menyampaikan, atas nama pengurus Mabiran, Kwarran, DPK dan DKR yang baru dilantik mohon dukungan agar gerakan Pramuka di Lombok Berjaya.

“Selanjutnya kepada pengurus yang baru dilantik tetap semangat disiplin pantang menyerah dan tetap menjaga kebersamaan. Karena Pramuka merupakan pembentuk karakter generasi muda,” ungkapnya.

Selanjutnya melalui pramuka, dirinya berharap dapat membantu terwujudnya Kecamatan Lumbokseminung yang semakin maju dan hebat, sehingga ia mengimbau Pramuka agar lebih peduli dengan kegiatan yang ada lingkungan kecamatan dan pekon.

“Besar harapan kami agar Gerakan Pramuka di Kecamatan Lumbokseminung ini dapat berinovasi dalam membantu dan mensukseskan seluruh program di Kecamatan Lumbokseminung,” harapnya.(edi/mlo)




Pos terkait