Nyaris Rubuh, Program Bedah Rumah Tak Kunjung Terealisasi

  • Whatsapp

Medialampung.co.id – Salah satu rumah warga di wilayah Kelurahan Talang Gg. Sanuba RT 03 Lingkungan I Kecamatan Telukbetung Selatan sangat memprihatinkan, bangunannya sudah mulai rapuh dan bahkan nyaris rubuh.

Nur Aini (60) atau biasa disapa Bu Unung dan suaminya Mastur (62) mendiami rumah berukuran 8×7 meter tersebut  sejak tahun 1973.

Bacaan Lainnya



Nur Aini yang statusnya hanya sebagai IRT dan Mastur yang bekerja sebagai tukang sol sepatu di depan Pegadaian Jl. WR. Supratman tersebut tinggal bersama satu anak laki-laki dan dua anak perempuannya di rumah yang hanya berdinding papan dan hanya ditopang kayu balok.

Mirisnya lagi, untuk tidur pun mereka harus berhimpit-himpitan dan sebagian tidur di ruang tamu. sedangkan untuk kamarnya sudah tidak bisa digunakan lagi karena kondisinya sangat membahayakan keselamatan mereka.

Lurah Talang, Sarkoni, berharap salah satu warganya tersebut bisa mendapatkan bantuan program bedah rumah dari Pemerintah Kota Bandarlampung.

“Sebelumnya kami sudah menyiapkan persyaratan untuk program bedah rumah dari pemkot Bandarlampung bagi warga yang memang layak mendapatkan bantuan tersebut,” ujarnya.

Namun, lanjutnya, karena terkendala pandemi Covid-19, program tersebut tertunda dan belum bisa terealisasi meskipun pihaknya mengaku sudah melengkapi semua persyaratan yang dibutuhkan.

Sarkoni berharap bantuan bedah rumah bagi warganya tersebut bisa segera terealisasi, karena jika dilihat kondisi rumah warganya itu sudah sangat tidak layak huni.

“Kita hanya berupaya mudah-mudahan ada tangan-tangan yang mau mengulurkan bantuan untuk keluarga Bu Unung dan Pak Mastur, dan kita masih menunggu sampai adanya kabar dari dinas terkait,” pungkasnya.

Sementara itu dari PKK se-Kecamatan Telukbetung Selatan berinisiatif untuk melakukan langkah awal dengan mengumpulkan donasi secukupnya agar bisa membantu keluarga Bu Unung untuk membangun rumah sementara sembari menunggu realisasi program bedah rumah dari Pemkot Bandarlampung.

Seadangkan, Camat Telukbetung Selatan, Ichwan Adji Wibowo yang pernah melihat langsung kondisi rumah Bu Unung berjanji akan membantu untuk mempercepat proses bedah rumah dengan berkoordinasi dengan dinas terkait.(*/mlo)



Pos terkait