Nyaris Tidak Terasa, Gempa 5.0 SR Guncang Pesbar

  • Whatsapp

Medialampung.co.id – Kabupaten Pesisir Barat (Pesbar), diguncang gempa bumi berkekuatan 5.0 SR, sekitar pukul 18:56 Wib, Kamis (5/9). Pusat gempa itu diwilayah perairan Pesisir Barat, meski terjadi gempa, tapi sebagian masyarakat tidak terlalu merasakan getaran gempa bumi tersebut.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten setempat, Syaifullah, S.Pi., mengatakan berdasarkan informasi dari Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), gempa bumi tektonik itu berada di koordinat 6.32 derajat Lintang Selatan (LS), 103.70 derajat Bujur Timur (BT) pada 128 kilometer barat daya Pesisir Barat, Lampung dengan kedalaman 10 kilometer.

Bacaan Lainnya



“Gempa tektonik itu disebabkan ada pergeseran lempengan di perairan Pesbar,” katanya.

Meski begitu, sejauh ini pihaknya tidak mendapat laporan terjadi kerusakan akibat gempa tektonik tersebut. Terlebih masyarakat di Pesbar banyak yang tidak merasakan getaran gempa itu.

“Getaran gempa terasa kecil, bahkan banyak masyarakat yang hampir tidak merasakan getaran gempa itu,” jelasnya.

Syaifullah mengatakan bahwa BPBD Pesbar juga mengimbau masyarakat agar tetap waspada terhadap musibah bencana alam, salah satunya bencana gempa bumi. ” Karena daerah kita ini rentan terjadi gempa bumi,” tutupnya.(yan/mlo)



Pos terkait