Obat Alami Asam Urat

  • Whatsapp

Medialampung.co.id – Asam urat tinggi memang memerlukan pengobatan dari dokter, namun untuk mendukung pengobatan tersebut, ada beberapa obat alami asam urat yang bisa Anda coba di rumah. Obat alami asam urat tersebut diyakini dapat membantu meringankan gejala, sekaligus mengurangi kadar asam urat pada tubuh.

Penyakit asam urat adalah salah satu jenis penyakit peradangan pada sendi. Penyakit ini bisa terjadi secara tiba-tiba dan menyebabkan rasa nyeri serta pembengkakan pada sendi.

Asam urat dapat menyerang bagian sendi mana pun pada tubuh. Namun, kondisi ini lebih sering terjadi pada sendi di bagian ujung jari kaki dan jari tangan, pergelangan tangan, serta lutut.

Ada beberapa faktor yang dapat menyebabkan kadar asam urat tinggi dalam tubuh, mulai dari konsumsi makanan dengan kadar purin tinggi, seperti jeroan, daging merah, dan makanan laut, gangguan metabolisme, pengaruh penyakit, seperti penyakit ginjal dan penyakit tiroid, efek samping pengobatan jangka panjang, hingga alkoholisme.

Berbagai Obat Alami untuk Asam Urat

Meski tidak dapat disembuhkan secara total, namun penyakit asam urat dapat dikendalikan dengan penanganan yang tepat. Cara utama untuk menangani asam urat adalah dengan obat-obatan.

Pemberian obat bertujuan untuk meredakan gejala dan mencegah risiko asam urat kambuh kembali. Jenis obat yang biasanya diresepkan dokter adalah colchicine dan obat antiinflamasi nonsteroid (OAINS).

Selain itu, dokter juga dapat memberikan obat-obatan untuk mengurangi kadar asam urat yang tinggi. Contoh obat-obatan penurun kadar asam urat ini adalah allopurinolrasburicase, dan probenecid.

Penderita asam urat juga dianjurkan untuk mengubah pola hidup, seperti rutin berolahraga dan menurunkan berat badan bila obesitas. Selain dengan obat-obatan dan menjalani pola hidup sehat, ada beberapa pilihan obat alami untuk mengobati asam urat, di antaranya:

1. Buah dan sayuran yang kaya vitamin C

Beberapa studi menunjukkan bahwa buah dan sayur yang kaya vitamin C dapat mengurangi kadar asam urat tinggi. Jenis buah yang direkomendasikan untuk penderita asam urat adalah jambu, jeruk, kiwi, mangga, pepaya, nanas, dan semangka. Sementara, sayuran untuk penderita asam urat yang kaya vitamin C adalah bayam, kembang kol, brokoli, kentang, tomat, dan paprika.

2. Kopi

Obat alami asam urat berikutnya adalah kopi. Meski masih terus diteliti khasiatnya, namun kopi diketahui memiliki kandungan mineral, polifenol, dan kafein yang dapat meningkatkan metabolime purin menjadi asam urat dan meningkatkan proses pembuangan asam urat melalui urine. Hal ini juga dapat mencegah asam urat untuk mengendap dan merusak tulang dan sendi.

Karena itu, konsumsi kopi bisa menjadi salah satu obat alami untuk membantu mengurangi kadar asam urat. Hanya saja, bila Anda memiliki riwayat sakit maag atau penyakit asam lambung, cara ini mungkin tidak dapat Anda lakukan karena konsumsi kopi dapat meningkatkan produksi asam lambung.



Pos terkait