Operator Aplikasi Perencanaan Ikuti Pelatihan E-Musrenbang

  • Whatsapp

Medialampung.co.id – Operator aplikasi perencanaan di 15 kecamatan di Kabupaten Lambar  mengikuti pelatihan Musyawarah rencana pembangunan Online (E-Musrenbang) yang digelar Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) di Ruang Rapat Pakuwon Bappeda, Kamis (6/2).

Sekretaris Bappeda Irvan Leonardo, S.P, M.Si mendampingi Kepala Bappeda Ir. Okmal, M.Si mengungkapkan, maksud digelarnya pelatihan E-Musrenbang tersebut agar proses musrenbang di tingkat pekon atau kelurahan serta di tingkat kecamatan dapat terdokumentasi dengan baik, serta dilaksanakan secara berjenjang.

Sedangkan tujuannya agar hasil musrenbang pekon/kelurahan dapat diinput pada aplikasi E-Musrenbang, serta hasil musrenbang kecamatan dapat diiput pada aplikasi E-Musrenbang. “Peserta pelatihan ini adalah operator aplikasi perencanaan dari 15 kecamatan di Kabupaten Lambar,” ungkap Irvan.

Setelah dilaksanakan pelatihan ini, kata dia, diharapkan hasil masrenbang pekon/kelurahan serta hasil musrenbang kecamatan dapat diinput paling lambat tiga hari kerja setelah pelaksanaan musrenbang kecamatan.

“Kemudian juga diharapkan hasil entri musrenbang pekon/kelurahan dan kecamatan akan dibahas bersama dengan OPD pada acara forum gabungan yang akan dilaksanakan pada bulan Maret setelah pelaksanaan musrenbang kabupaten,” pungkas dia.

Seraya menambahkan, dasar dilaksanakannya pelatihan E-Musrebang tersebut, yakni Peraturan Menteri Dalam Negeri No.86/2017 pasal 98 ayat (2) mengamanatkan bahwa camat melaksanakan musrenbang RKPD kabupaten di kecamatan setelah berkoordinasi dengan Bappeda Kabupaten, serta Peraturan Bupati Lambar No.50/2019 tentang system informasi perencanaan dan pengelolaan keuangan daerah. (lus/mlo)



Pos terkait