P2TP2A, Berikan Motivasi dan Bantuan Bagi Korban Pelecehan Seksual 

  • Whatsapp
Ketua P2TP2A Tanggamus, Edison berikan bantuan pada korban pelecehan seksual. foto rnn/mlo

Medialampung.co.id – Pusat Pelayanan Terpadu Pemberdayaan Perempuan dan Anak (P2TP2A) Kabupaten Tanggamus. Meninjau sekaligus memberikan bantuan serta support kepada korban pelecehan seksual hingga melahirkan, di dua Kecamatan yakni Pulau Panggung serta Kecamatan Gisting.

Ketua P2TP2A Kabupaten Tanggamus, Edison didampingi Kabid Perlindungan Perempuan dan Perlindungan Anak, Parsiyam, Ketua Pelaksana Harian P2TP2A Ratnawaiyah. Kali pertama korban perbuatan asusila yang dikunjungi yakni M (12) warga Pekon Sinar Manca, Kecamatan Pulau Panggung.

Bacaan Lainnya



Disini jajaran P2TP2A didampingi bidan setempat, kepada  korban dan orang tuanya,  mengatakan, kedatangan mereka pada hari itu  untuk melihat kondisi korban M, selain daripada itu ia berpesan kepada keluarga korban untuk bersabar atas ujian yang tengah dihadapi.

Ia berharap korban tidak larut dalam kesedihan, karena hal tersebut akan berimbas pada kesehatan, kata Edison 

“Tetap jaga kesehatan, sedih boleh siapa yang tidak sedih atas kejadian yang menimpa ini, tetapi jangan terus menerus, larut dalam kesedihan, harus mampu bangkit, terlebih ada orang tua yang selalu memberikan support, dan kami juga akan terus memantau, dan memberikan dukungan penuh,”ungkap Edison.

Salah satu bentuk dukungan P2TP2A,  mendorong agar korban bisa melanjutkan sekolahnya, yang mana saat ini korban masih mengenyam sekolah menengah pertama (SMP) kelas 1. 

Pihaknya mempersilahkan kepada keluarga, maupun korban untuk memilih sekolah mana saja, dan pihaknya akan memfasilitasi dengan dinas terkait. 

Sementara itu, Ayah Korban Rapidi mengucapkan terima kasih atas kunjungan dan perhatian dari P2TP2A, ia berharap dukungan dari semua pihak agar anaknya bisa beraktivitas dan mengenyam pendidikan layaknya anak yang lain. selain itu dengan mata berkaca-kaca ia mengharapkan aparat kepolisian segera menangkap pelaku yang hingga kini masih belum tertangkap. 

“Kami sangat berharap, pelaku ini segera ditangkap, dan dijerat dengan hukuman yang setimpal,”ujarnya.

Terpisah, Kapolsek Pulau Panggung Iptu Ramon Zamora, melalui Kanitreskrim Brigpol Noprian menerangkan, pihak kepolisian akan terus mengusut keberadaan pelaku yang telah melakukan tindakan asusila tersebut, dari awal kejadian, pada saat korban melaporkan kejadian tersebut, pihaknya terus melakukan upaya dan menginterogasi orang orang yang bisa dijadikan petunjuk, melakukan cek ke tempat kejadian perkara (TKP).

Usai ditempat tersebut lalu, P2TP2A  Kabupaten Tanggamus juga memberikan bantuan sekaligus mensupport korban pelecehan seksual di Pekon Kuto Dalom, Kecamatan Gisting. 

Disini  korban yang saat itu didampingi ibunya dihimbau untuk terus semangat dan pantang menyerah dalam menghadapi  permasalahan tersebut. (rnn/ehl/mlo)



Pos terkait