Pabrik Sabut Kelapa Di Marang Ludes Terbakar

  • Whatsapp

Medialampung.co.id – Pabrik sabut kelapa dan sebagian lahan perkebunan kelapa sawit di Pekon Marang, Kecamatan Pesisir Selatan, Kabupaten Pesisir Barat (Pesbar), ludes terbakar sekitar pukul 12.00 WIB, Jum’at (13/9). Meski tidak ada korban jiwa, tapi kebakaran itu mengakibatkan kerugian hingga ratusan juta rupiah.

Menurut keterangan, Mislan, warga setempat, pabrik sabut kelapa dan sebagian lahan kelapa sawit yang ludes terbakar itu merupakan milik Ari Setiawan warga Pekon Marang. Pihaknya mengetahui ada musibah kebakaran di pabrik sabut kelapa itu setelah di hubungi oleh Ari Setiawan sepulang dari shalat Jumat.

Bacaan Lainnya



“Sebelum shalat Jumat kami juga sempat melintas di lokasi pabrik yang berada di pinggir jalan lingkar Pekon itu,” katanya.

Dijelaskannya, saat melintas dilokasi pabrik itu belum ada tanda-tanda titik api, atau belum terbakar. Karena itu diperkirakan pabrik pengolahan sabut kelapa itu terbakar sekitar pukul 12.00 WIB, atau saat masyarakat muslim melaksanakan shalat Jumat, sehingga tidak banyak yang mengetahuinya.

“Mengetahui ada pabrik sabut kelapa yang terbakar, masyarakat juga langsung bergotong royong membantu memadamkan api dan dibantu oleh dua unit mobil damkar,” jelasnya.

Sementara itu, selain pabrik, juga termasuk berbagai mesin pengolahan sabut kelapa yang berada didalam pabrik, seperti mesin press sabut kelapa, mesin pengurai sabut dan mesin pengayak sabut kelapa atau coco feat ludes terbakar. Sementara, lahan perkebunan sawit yang terbakar juga hanya sebagian, kini apinya telah padam.

“Perkebunan sawit yang berdekatan dengan lokasi pabrik itu juga sempat terbakar, tapi hanya sebagian saja. Sampai sekarang sumber api penyebab kebakaran belum diketahui pasti. Tapi dugaan kita bisa dari puntung rokok, karena sabut kelapa sangat rentan terbakar,” katanya.

Sementara itu, Kapolsek Pesisir Selatan, Iptu. Sutaryo, mendampingi Kapolres Lampung Barat, AKBP Doni Wahyudi, S.Ik., membenarkan terjadinya musibah kebakaran itu. Tapi pihaknya belum dapat memastikan penyebab kebakaran, karena anggota pun masih melakukan pengecekan ke lokasi Tempat Kejadian Perakara (TKP).

“Iya benar ada kebakaran di lokasi lahan perkebunan sawit termasuk pabrik sabut kelapa, yang jelas saat ini anggota saya dari Polsek masih melakukan pengecekan,” pungkasnya.( yan/d1n/mlo)



Pos terkait