Pacu Peningkatan Status Pekon, DPMP Evaluasi-Sosialisasi IDM

  • Whatsapp

Medialampung.co.id – Pemkab Lampung Barat melalui Dinas Pemberdayaan Masyarakat Dan Pekon (DPMP) melaksanakan sosialisasi terkait dengan indeks desa membangun (IDM) di dua kecamatan yaitu Kecamatan Belalau dan Batuketulis yang dipusatkan di aula kantor Kecamatan Belalau, Senin (1/3).

Kegiatan dihadiri Camat Belalau Drs. Akmal Hakim, Camat Batuketulis Sutian, S.Pd, M.M, Kabid Penataan dan Kerjasama Pekon Desmon Irawan, S.T, serta seluruh peratin di dua kecamatan tersebut.

Bacaan Lainnya


Dalam kesempatan itu, Kabid Penataan dan Kerjasama Pekon Desmon Irawan, S.T, menerangkan tujuan kegiatan adalah untuk mengevaluasi hasil penilaian IDM di Kecamatan Belalau dan Kecamatan Batuketulis tahun 2020 dan dalam rangka peningkatan status pekon secara umum, pengentasan pekon tertinggal dan peningkatan menuju pekon mandiri khususnya.

“Dengan adanya evaluasi ini dapat diambil langkah-langkah yang akan dilakukan oleh pekon dalam rangka meningkatkan poin sesuai dengan indikator IDM,” jelasnya.

Lebih lanjut ia menjelaskan bahwa dalam rangka peningkatan poin ini,ada sebagian yang tidak dapat dilakukan oleh pekon, sehingga harus dilakukan oleh perangkat daerah (PD) terkait, sehingga pekon diminta untuk langsung berkoordinasi dengan PD terkait.

“Sehingga terkait dengan poin-poin yang tidak bisa dilakukan oleh pekon maka segera dikoordinasikan ke dinas terkait, seperti pada bidang pendidikan maka harus dikoordinasikan dengan Dinas Pendidikan, selanjutnya jika berkaitan dengan infrastruktur maka harus dikoordinasikan ke Dinas PUPR, begitupun dengan bidang lainnya,” jelasnya.

Sebab, terusnya dengan sinergisnya antara pekon dan OPD dalam rangka peningkatan status pekon tahun 2021, maka diharapkan Kabupaten Lampung Barat akan terbebas dari pekon tertinggal dan meningkatnya status pekon mandiri.

“Seperti kita ketahui bersama bahwa dalam pengukuran status pekon terdapat lima klasifikasi dalam IDM, yaitu Pekon Tertinggal, Pekon Berkembang, Pekon Maju dan Pekon Mandiri, untuk itu sosialisasi ini menjadi salah satu upaya kita untuk terus meningkatkan status pekon dengan target mewujudkan seluruh pekon mandiri,” harapnya.

Sementara, Camat Belalau Drs. Akmal Hakim mengapresiasi pelaksanaan Sosialisasi tersebut, pihaknya berkomitmen untuk mendukung penuh upaya untuk meningkatkan status pekon hingga mewujudkan desa mandiri. Sehingga ia berharap kepada seluruh peratin agar dapat betul-betul mengikuti kegiatan secara seksama agar apa yang menjadi sasaran program terlaksana dengan baik.

“Dengan adanya sosialisasi ini peratin dapat mengetahui apa yang menjadi kekurangan untuk meningkatkan status pekon, dan kita harus bersinergi untuk mewujudkan pekon mandiri terutama di Kecamatan Belalau,” harapnya.(edi/mlo)


Pos terkait