Pagar Puskesmas Sekincau Terseret Longsor Sedalam Puluhan Meter

  • Whatsapp

Medialampung.co.id – Berada di dekat tepian jurang sedalam sekitar tiga puluhan meter, bangunan gedung Unit Pelaksana Teknis (UPT) Puskesmas Sekincau, Kabupaten Lampung Barat terancam ambruk terseret longsor. 

Saat ini saja, akibat intensitas hujan yang tinggi, pagar belakang puskesmas tersebut amblas terseret longsor. “Akibat hujan yang terus mengguyur sejak satu pekan ini, tebing belakang puskesmas longsor hingga pagar, bahkan saat ini telah terjadi retakan di pagar pembatas gedung,” ungkap Kepala UPT Puskesmas Sekincau Martalena, S.St.

Bacaan Lainnya


Dijelaskannya, saat ini jarak titik longsor dengan bangunan utama puskesmas hanya sekitar empat meter. Kondisi tersebut sudah dilaporkan kepada Dinas Kesehatan (Diskes) Lambar dengan harapan dapat segera ditindaklanjuti, seperti disampaikan ke Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Lambar. 

Dan atas kondisi tersebut, Martalena mengharapkan upaya cepat tanggap untuk penangananya sehingga longsor tidak bertambah. 

Longsornya tanah itu juga menimbulkan kerugian lainnya, seperti kerugian yang dialami warga pemilik lahan di belakangnya, dimana material tanah longsoran menutup areal persawahan warga, salah satunya sawah milik Suryadi. 

“Tanah longsor menutupi sawah saya, yang secara otomatis tidak bisa digarap lagi jika tidak dilakukan penanganan ulang lahan,” ungkapnya. 

Sekedar diketahui, longsor tersebut menyibak perhatian Camat Sekincau Sri Handayani, S.H., dan Kapolsek Sekincau Kompol Sukimanto, S.Sos. M,M, Satpol PP, dan unsur lainnya di tingkat kecamatan yang ikut melakukan peninjauan ke lokasi. (r1n/mlo)




Pos terkait