Pagu DD Pesbar 2021 Capai Rp119 Miliar

  • Whatsapp

Medialampung.co.id – Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pekon (DPMP) Kabupaten Pesisir Barat (Pesbar), memastikan pagu anggaran dana desa (DD) tahun 2021 sama dengan pagu anggaran DD perubahan tahun 2020.

Tahun depan, pagu anggaran DD untuk 116 pekon di kabupaten setempat mencapai Rp119.755.097.000,-, jumlah itu sama seperti pagu anggaran DD perubahan tahun 2020, dimana tahun ini terjadi pengurangan anggaran akibat pandemi Covid-19.

Bacaan Lainnya


Kabid Kelembagaan dan Pemerintahan Pekon, Iswandi, S.Ip., mengatakan dari total pagu anggaran itu, masing-masing pekon menerima anggaran DD yang berbeda sesuai dengan peraturan yang ditetapkan.

“Dalam menerima anggaran DD itu, setiap pekon tidak menerima anggaran DD yang sama, namun telah diatur jumlah anggaran DD untuk masing-masing pekon seperti dengan melihat kondisi pekon, jumlah penduduk luas wilayah dan kriteria lainnya, ungkapnya.

Dijelaskannya, dengan tetap dilaksanakannya kegiatan pekon melalui anggaran DD tahun depan, diharapkan pekon dapat menyusun kegiatan sesuai dengan skala prioritas terutama di tengah pandemi Covid-19.

Pekon harus menyusun anggaran dengan melihat skala prioritas yang harus dilakukan, hal itu agra kegiatan yang bersumber dari DD dapat tepat sasaran dan bermanfaat untuk masyarakat, jelasnya.

Selanjutnya, sebelum menyusun kegiatan pada tahun 2021 mendatang, pihaknya meminta agar pekon dapat memaksimalkan serapan anggaran DD tahun 2020, karena anggaran DD tahap tiga sudah bisa diserap pekon.

Kita berharap pekon yang belum menyampaikan usulan, agar segera menyusun usulan pencairan dan diserahkan ke DPMP sehingga bisa kita teruskan ke Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara (KPPN) Liwa, tandasnya. (ygi/d1n/mlo)




Pos terkait