Pairin Ingatkan Masyarakat Pentingnya Ikut Sensus

  • Whatsapp
Rapat koordinasi daerah mengenai sensus penduduk tabhn 2020 Kota Metro, Selasa (18/2) - Foto : Diskominfo Kota Metro/mlo

Medialampung.co.id – Walikota Metro Achmad Pairin ingatkan kepada masyarakat terkait pentingnya mengikuti sensus penduduk tahun 2020, karena sebagai dasar pemerintah menetapkan kebijakan.

Hal itu diungkapkannya saat rapat koordinasi sensus penduduk tahun 2020 di aula Pemerintah Kota (Pemkot) Metro pada Selasa (18/2).

Bacaan Lainnya



“Sensus penduduk ini bertujuan untuk menyediakan data dasar yang dapat digunakan untuk membuat kebijakan,” ujarnya.

Kebijakan tersebut menurut Pairin, seperti di bidang pangan, pendidikan, kesehatan, perumahan, dan lain sebagainya, guna menjadi dasar di tetapkan kebijakan pemerintah.

“Tahun ini BPS telah melakukan inovasi dan pembaruan metode sensus dengan memanfaatkan data akuntarisasi penduduk sebagai dasarnya,” ucapnya.

Dijelaskannya Pairin, sensus pendudukan akan dilakukan secara dua tahap, yakni secara online dan wawancara.

“Saya berharap kepada peserta rapat, untuk berperan aktif dalam penyebarakan informasi mengenai sensus penduduk secara online,” terangnya.

Pairin juga berharap bahwa pihaknya juga dapat kepada masyarakat untuk dapat mendampingi petugas sensus  dengan memberikan jawaban yang jujur. “Kegiatan ini sangat penting dalam menyukseskan sensus penduduk di Kota Metro,” ungkapnya.

Pairin pun menginformasikan bahwa target sensus penduduk online secara nasional sebanyak 20,19%. Hal ini memerlukan partisipasi dan peran kita semua yang hadir.

“Oleh karena itu sensus penduduk secara online ataupun wawancara akan melibatkan para lurah dan aparatur yang terkecil seperti RT dan RW,” tutupnya.

Sementara, Mimik Nurjanah Kepala BPS Kota Metro, memaparkan bahwa kegiatan ini bertujuan mengawali sensus 2020 secara online. Sensus Penduduk 2020 (SP2020) bertujuan untuk menyediakan data, jumlah komposisi, distribusi dan karakteristik penduduk Indonesia menuju satu data kependudukan Indonesia.

“Mengenai tahapan waktu pelaksanaan Sensus Penduduk (SP) 2020 baik secara online pada tanggal 15 Febuari-31 Maret 2020 melalui https://sensus.bps.go.id dan bagi masyarakat yang belum melakukan sensus online, maka petugas akan melakukan sensus penduduk wawancara mulai pada 1-31 Juli 2020 ke rumah-rumah,” jelasnya.

Tambahnya, Mimik mengungkapkan, agenda 10 tahunan ini membutuhkan peran serta seluruh masyarakat Indonesia, tanpa terkecuali di manapun Anda berada.

“Saya juga minta kepada Camat untuk mensosialisasikan kepada Lurah dan pamong setempat mengenai  Sensus Penduduk Online (SPO). Kami juga bersedia untuk pendampingan SPO,”ujarnya. (pip/mlo)



Pos terkait